TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KOMUNIKASI, INFORMASI DAN EDUKASI (KIE) DI APOTEK ENGGAL WARAS CEPER KLATEN

HIDAYATI, FARIDA NUR, 2004046 (2023) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KOMUNIKASI, INFORMASI DAN EDUKASI (KIE) DI APOTEK ENGGAL WARAS CEPER KLATEN. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Klaten.

[img] PDF
BAB I.pdf

Download (120kB)
[img] PDF
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF
BAB V.pdf

Download (34kB)
[img] PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)

Abstract

Kepuasan adalah prioritas utama dalam pelayanan kefarmasian yang diberikan oleh tenaga kefarmasian. Kepuasan pelayanan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) yang diberikan oleh tenaga kefarmasian mempengaruhi kepuasaan dalam penggunaan obat dan mempengaruhi efek terapi pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) di apotek Enggal Waras Ceper Klaten. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif survey dengan pendekatan cross sectional. Alat yang digunakan untuk mengetahui kepuasan pasien yaitu kuesioner. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan accidental sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 92 orang yang dating membeli di apotek Enggal Waras Ceper Klaten. Hasil penelitian didapatkan karakteristik dan kepuasan pasien. Karakteristik responden sebagian besar responden perempuan sebanyak 49 (53,3%), berusia 36-45 tahun sebanyak 26 (28,3%), berpendidikan SMA sebanyak 61 (66,3%) dan bekerja sebanyak 73 (79,3%). Kepuasan pasien sebanyak 49 (53,3%) merasa puas terhadap pelayanan komunikasi, informasi dan edukasi. Kepuasan berdasarkan dimensi reability sebanyak 59 (64,1%), kepuasan berdasarkan dimensi responsiveness sebanyak 43 (46,7%), kepuasan berdasarkan assurance sebanyak 58 (63,0%), kepuasan berdasarkan dimensi empathy sebanyak 59 (64,1%) dan kepuasan berdasarkan dimensi tangible sebanyak61 (66,3%).

Item Type: Karya Ilmiah (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Sri Handayani, SKM., M.Kes
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Pelayanan KIE, Apotek Enggal Waras
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Prodi D3 Farmasi
Depositing User: Mrs Heri Siti
Date Deposited: 03 Nov 2023 07:46
Last Modified: 03 Nov 2023 07:46
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/3000

Actions (login required)

View Item View Item