HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN PASIEN PULANG DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG DAHLIA RSUP dr. SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN

KRISNANTA, BAYU, B2001006 (2022) HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN PASIEN PULANG DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG DAHLIA RSUP dr. SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KLATEN.

[img] PDF
BAB I.pdf

Download (140kB)
[img] PDF
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF
BAB VI.pdf

Download (34kB)
[img] PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)

Abstract

Rumah sakit memberikan pelayanan paripurna secara profesional dan bermutu yaitu dengan memberikan pelayanan yang sesuai standart. Waktu tunggu pelayanan pasien pulang telah diatur standartnya oleh PMK No 129 Tahun 2008 yaitu tentang standart pelayanan minimal yaitu 2,5 jam yang terbagi atas waktu ≤ 2 jam untuk waktu tunggu pemberian informasi tentang tagihan admisnistrasi pasien rawat inap dan ≤ 30 menit untuk pelayanan obat pulang.Waktu tunggu pelayanan pasien pulang mempengaruhi mutu pelayanan yang berdampak terhadap tingkat kepuasaan pasien, dimana kepuasan pasien diatur standartnya yaitu > 90 %. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan waktu tunggu tunggu pelayanan pasien pulang dengan kepuasaan pasien di ruang dahlia RSUP. Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain analitik korelasional, pendekatan waktu cross sectional Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pasien pulang rawat inap di ruang dahlia RSUP. Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten, dengan jumlah sampel 72 responden dengan tehnik sampling accidental sampling Hasil penelitian didapatakan rerata usia responden 43,40 tahun, jenis kelamin perempuan 65,3 % laki-laki 34,7 %, tingkat pendidikan mayoritas perguruan tinggi 52,8%, pekerjaan mayoritas swasta 55,6%, waktu tunggu sebagian besar tidak tepat waktu 87,5%, Kepuasaan responden dengan kategori puas 68,1%. Hasil uji statistik kendall’ Tau nilai P value sebesar 0,000 (p < 0,05). Kesimpulan terdapat hubungan yang signifikan antara waktu tunggu dengan kepuasaan pasien pulang di ruang dahlia dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Waktu tunggu, pasien pulang, kepuasaan pasien
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Prodi S1 Keperawatan
Depositing User: Perpustakaan
Date Deposited: 19 May 2023 16:56
Last Modified: 19 May 2023 16:56
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/2847

Actions (login required)

View Item View Item