PENGARUH EDUKASI TEKNIK MENYUSUI DENGAN DEMONSTRASI TERHADAP EFIKASI DIRI MENYUSUI IBU POST PARTUM DI RUMAH SAKIT UMUM (RSU) ISLAM KLATEN

KOHIRIYAH, LUKI, B.1801026 (2020) PENGARUH EDUKASI TEKNIK MENYUSUI DENGAN DEMONSTRASI TERHADAP EFIKASI DIRI MENYUSUI IBU POST PARTUM DI RUMAH SAKIT UMUM (RSU) ISLAM KLATEN. Skripsi thesis, STIKES Muhammadiyah Klaten.

[img] PDF
BAB I.pdf

Download (620kB)
[img] PDF
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (888kB)
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] PDF
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] PDF
BAB VI.pdf

Download (355kB)
[img] PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2018, persentase tertinggi proses mulai menyusu pada anak umur 0-23 bulan adalah pada 1-6 jam (35,2%). Proses mulai menyusu pada satu jam pertama setelah lahir/IMD hanya 34,5%. IMD mengalami peningkatan pada tahun 2018. Berdasarkan hasil Riskesdas tahun 2018, proporsi IMD pada anak umur 0-23 bulan adalah 58,2%. Dari proporsi ini, yang melakukan IMD ≥ 1 jam hanya 15,9%. Prevalensi IMD di Jawa Tengah pada tahun 2017 adalah 82,37%. Edukasi yang diberikan pada ibu menyusui adalah tentang teknik menyusui yang benar. Teknik menyusui yang benar adalah cara memberikan ASI kepada bayi dengan perlekatan dan posisi ibu dan bayi dengan benar Efikasi diri menyusui menggambarkan keyakinan diri seorang ibu pada kemampuannya untuk menyusui bayinya. Informasi yang adekuat mengakibatkan ibu kurang yakin dengan kemampuannya untuk menyusui bayi. Tujuan. Untuk mengetahui pengaruh edukasi teknik menyusui dengan demonstrasi terhadap efikasi diri menyusui ibu post partum di Rumah Sakit Umum Islam Klaten. Metode. Desain penelitian ini menggunakan quasy eksperimen dengan rancangan one group pre test – post test design with control group. Teknik sampling concecutive sampling dengan jumlah sampel 24 orang. Analisa data menggunakan uji t-test, wilcoxon dan mann whitney. Hasil. Efikasi diri sebelum diberikan edukasi dengan rata-rata 36,25 dan sesudah edukasi menjadi 62,41 sehingga terdapat peningkatan 26,16. Efikasi diri preteLatar Belakang. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2018, persentase tertinggi proses mulai menyusu pada anak umur 0-23 bulan adalah pada 1-6 jam (35,2%). Proses mulai menyusu pada satu jam pertama setelah lahir/IMD hanya 34,5%. IMD mengalami peningkatan pada tahun 2018. Berdasarkan hasil Riskesdas tahun 2018, proporsi IMD pada anak umur 0-23 bulan adalah 58,2%. Dari proporsi ini, yang melakukan IMD ≥ 1 jam hanya 15,9%. Prevalensi IMD di Jawa Tengah pada tahun 2017 adalah 82,37%. Edukasi yang diberikan pada ibu menyusui adalah tentang teknik menyusui yang benar. Teknik menyusui yang benar adalah cara memberikan ASI kepada bayi dengan perlekatan dan posisi ibu dan bayi dengan benar Efikasi diri menyusui menggambarkan keyakinan diri seorang ibu pada kemampuannya untuk menyusui bayinya. Informasi yang adekuat mengakibatkan ibu kurang yakin dengan kemampuannya untuk menyusui bayi. Tujuan. Untuk mengetahui pengaruh edukasi teknik menyusui dengan demonstrasi terhadap efikasi diri menyusui ibu post partum di Rumah Sakit Umum Islam Klaten. Metode. Desain penelitian ini menggunakan quasy eksperimen dengan rancangan one group pre test – post test design with control group. Teknik sampling concecutive sampling dengan jumlah sampel 24 orang. Analisa data menggunakan uji t-test, wilcoxon dan mann whitney. Hasil. Efikasi diri sebelum diberikan edukasi dengan rata-rata 36,25 dan sesudah edukasi menjadi 62,41 sehingga terdapat peningkatan 26,16. Efikasi diri pretest pada kelompok kontrol yaitu 35,82 dan postest yaitu 42,25 terjadi peningkatan 2,93 Kesimpulan. Ada pengaruh edukasi terhadap tingkat efikasi diri sebelum dan sesudah diberikan dengan nilai p = 0,003. Kata Kunci. Efikasi Diri, Edukasist pada kelompok kontrol yaitu 35,82 dan postest yaitu 42,25 terjadi peningkatan 2,93 Kesimpulan. Ada pengaruh edukasi terhadap tingkat efikasi diri sebelum dan sesudah diberikan dengan nilai p = 0,003. Kata Kunci. Efikasi Diri, Edukasi

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Prodi S1 Keperawatan
Depositing User: Perpustakaan
Date Deposited: 17 Jun 2020 07:06
Last Modified: 17 Jun 2020 07:06
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/679

Actions (login required)

View Item View Item