HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PELAYANAN KEPERAWATAN PADA PASIEN BPJS DI RSD BAGAS WARAS KLATEN

SUPRIYANTO, DWI, B1501014 (2017) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PELAYANAN KEPERAWATAN PADA PASIEN BPJS DI RSD BAGAS WARAS KLATEN. Skripsi thesis, STIKES Muhammadiyah Klaten.

[img] PDF
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] PDF
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF
BAB VI.pdf

Download (87kB)
[img] PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB)

Abstract

Latar Belakang: Mutu pelayanan kesehatan masyarakat perlu terus ditingkatkan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yaitu terwujudnya keadaan sehat pada semua pihak. Rumah sakit sebagai penyedia pelayanan dituntut agar selalu meningkatkan kualitas pelayanannya tanpa membedakan latar belakang sosial dan penanggung biaya pasien karena pasien yang bertindak sebagai konsumen yang menggunakan pelayanan tersebut ingin mendapatkan pelayanan yang berkualitas sehingga menciptakan kepuasan bagi pasien. Faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, yakni faktor internal dan faktor eksternal. Payanan keperawatan dan kepuasan pasien menjadi indikator keberhasilan penyelenggaraan pelayanan kesehatan di rumah sakit. Tujuan Penelitian: Untuk menganalisis Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan terhadap Kepuasan Pelayanan Keperawatan pada Pasien BPJS di RSD Bagas Waras Klaten. Metode Penelitian: Pelitian ini merupakan penelitian deskriptif analistis dengan pendekatan cross sectional, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien pengguna BPJS yang dirawat inap di RSD Bagas Waras Klaten selama satu tahun sejumlah 79 pasien BPJS. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Analisa data menggunakan Spearman Rank Hasil Penelitian: Karakteristik responden dengan umur antara 22-70 tahun, pendidikan responden sebagian besar SMP, jenis kelamin adalah laki-laki dan lama sakit selama 3-7 hari. Mutu pelayanan Keperawatan pasien BPJS sebagian besar adalah cukup sebanyak 36 orang (45,6%). Kepuasan pelayanan keperawatan pada pasien BPJS di RSD Bagas Waras Klaten sebagian besar adalah puas sebanyak 43%. Kesimpulan: Ada hubungan mutu pelayanan kesehatan dan kepuasan keperawatan pada pasien BPJS di RSD Bagas Waras Klaten dengan nilai hasil analisis p = 0,000; α=0,05.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mutu Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Keperawatan, Pasien BPJS
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Prodi S1 Keperawatan
Depositing User: Mrs Heri Siti
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:36
Last Modified: 26 Jan 2022 02:36
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/2163

Actions (login required)

View Item View Item