GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN LANSIA PADA PELAYANAN POSYANDU LANSIA DI POSYANDU NADRI DESA DOMPOL

NINGRUM, RANI KHOLIFATU, 202202119 (2025) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN LANSIA PADA PELAYANAN POSYANDU LANSIA DI POSYANDU NADRI DESA DOMPOL. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KLATEN.

[img] PDF
COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] PDF
BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] PDF
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF
BAB VI.pdf

Download (145kB)
[img] PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Jumlah lansia terus meningkat dan diperkirakan mencapai seperempat populasi dunia pada 2050. Di Indonesia, pemerintah mengembangkan Posyandu Lansia sebagai upaya promotif dan preventif. Di Posyandu Nadri Desa Dompol, partisipasi lansia tinggi, dan kepuasan mereka sangat dipengaruhi oleh kinerja kader, di mana pelayanan yang baik meningkatkan kepuasan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan menggambarkan tingkat kepuasan lansia terhadap pelayanan di Posyandu Nadri serta mengidentifikasi karakteristik responden yang memengaruhinya. Metode: Penelitian deskriptif kuantitatif ini menggunakan pendekatan cross- sectional. Populasi berjumlah 50 lansia, dengan total sampling diperoleh 48 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Pengumpulan data dilakukan 14 Juli 2025 di Posyandu Lansia Nadri Desa Dompol menggunakan kuesioner (keandalan, ketanggapan, jaminan, empati, berwujud) yang telah diuji validitas dengan hasil nilai diatas 0,3598 dan reliabilitas dengan hasil diatas 0,7, dianalisis secara univariat. Hasil: Hasil menunjukkan mayoritas responden berusia 60–70 tahun (52,1%), perempuan (81,3%), pendidikan SD (62,5%), dan tidak bekerja (58,3%). Tingkat kepuasan adalah 79,2% puas, 20,8% cukup puas, dan tidak ada yang tidak puas. Kesimpulan: Mayoritas responden adalah perempuan usia 60–70 tahun dengan pendidikan Sekolah Dasar, bekerja di sektor agraris, tinggal dekat posyandu, berstatus menikah, serta menunjukkan kepuasan tinggi terhadap pelayanan (79,2% puas dan 20,8% cukup puas).

Item Type: Karya Ilmiah (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSAWITRI, ENDANG627097901UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Lansia, Pelayanan, Posyandu Lansia
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Prodi D3 Keperawatan
Depositing User: Perpustakaan
Date Deposited: 22 Dec 2025 06:56
Last Modified: 22 Dec 2025 06:56
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/3967

Actions (login required)

View Item View Item