WINANTI, DESY PUTRI, B202301020 (2024) HUBUNGAN PENGGUNA APLIKASI JKN-MOBILE DENGAN KEPUASAN PELAYANAN RAWAT JALAN RSU DIPONEGORO DUA SATU KLATEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KLATEN.
PDF
BAB I.pdf Download (106kB) |
|
PDF
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
|
PDF
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
|
PDF
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
|
PDF
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
|
PDF
BAB VI.pdf Download (32kB) |
|
PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (35kB) |
Abstract
Aplikasi JKN-Mobile merupakan suatu bentuk transformasi digitalisasi dari model bisnis BPJS kesehatan yang sebelumnya terdiri dari kegiatan administrasi yang di lakukan di fasilitas Kesehatan atau kantor cabang. Sekarang,peserta dapat menggunakan aplikasi ini Dimana saja dan kapan saja. Jumlah pengguna yang terus meningkat dengan banyak fitur yang ditawarkan untuk pengguna sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses layanan kesehatan. Namun dalam pelaksanaannya, banyak dari pengunjung RSU Diponegoro Dua Satu Klaten yang masih belum menggunakan aplikasi ini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengguna aplikasi JKN-Mobile dengan kepuasan pelayanan rawat jalan di RSU Diponegoro Dua Satu Klaten. Penelitian dilaksanakan di Unit Rawat Jalan RSU Diponegoro Dua Satu Klaten. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien/pengunjung rawat jalan RSU Diponegoro Dua Satu Klaten pengguna aplikasi JKN- Mobile pada bulan Januari 2024 sebanyak 1.300 pengguna. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling sebanyak 93 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Kendall’s Tau dengan nilai signifikasi (Sig. <0,05). Hasil penelitian, karakteristik responden berdasarkan usia rerata pada usia 39 tahun (38,74%), dengan jumlah responden terbanyak perempuan (53,8%), tingkat pendidikan terbanyak pada jenjang SMA (52,7%), dengan hasil kepuasan dengan kriteria puas (76,3%). Kesimpulan terdapat hubungan antara pengguna aplikasi JKN-Mobile dengan kepuasan pelayanan rawat jalan RSU Dipoenegoro Dua Satu Klaten dengan nilai p value 0,049.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | JKN-Mobile, Kepuasan pelayanan |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Prodi S1 Keperawatan |
Depositing User: | Perpustakaan |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 14:50 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 14:50 |
URI: | http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/3586 |
Actions (login required)
View Item |