MA’AJID, FAJAR ALIF, 1801020 (2022) HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN PRESTASI BELAJAR DI SDIT HIDAYAH NGAWEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KLATEN.
PDF
BAB I.pdf Download (391kB) |
|
PDF
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) |
|
PDF
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (731kB) |
|
PDF
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
|
PDF
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
|
PDF
BAB VI.pdf Download (156kB) |
|
PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat dan telah memberikan pengaruh ke seluruh aspek kehidupan, tidak terkecuali dalam ranah pendidikan. Salah satu teknologi yang berperan besar yaitu teknologi komunikasi. Gadget adalah suatu elektronik kecil yang mempunyai fungsi khusus seperti smartphone. Penggunaan gadget untuk anak usia sekolah bisa berdampak positif maupun negatif. Penggunaan gadget pada anak wajarnya adalah 2 jam dalam sehari, namun dikondisi tertentu penggunaan gadget pada anak bisa digunakan lebih dari itu maksimal 4 jam selama dipergunakan dengan baik dan dengan pengawasan orang tua. Gadget dalam pemanfaatanya juga memiliki dampak terhadap prestasi belajar siswa. Prestasi belajar adalah hasil atau taraf kemampuan yang telah dicapai siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar dalam waktu tertentu, baik berupa perubahan tingkah laku, keterampilan, dan pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dengan prestasi belajar di SDIT Hidayah Ngawen. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelas IV dan V yang berjumlah 182 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling didapatkan 125 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner penggunaan gadget. Uji statistik menggunakan Spearman Rank. Hasil penelitian siswa terbanyak berjenis kelamin perempuan sebesar 52% dengan rerata usia responden 10,42 tahun. Penggunaan gadget siswa terbanyak masuk dalam kategori sedang sebesar 72% dengan lama penggunaan gadget <4jam sebesar 83,2%. Prestasi belajar siswa paling banyak masuk dalam kategori sedang sebanyak 86,4%. Hasil uji Spearman Rank menunjukan bahwa tidak ada hubungan antara penggunaan gadget dengan prestasi belajar siswa (p value 0,855 > 0,05). Sedangkan nilai koefisien korelasi spearman Rho adalah -0,017 arah hubungan variabelnya yaitu negative. Kesimpulan Penggunaan Gadget Dengan Prestasi Belajar Di SDIT Hidayah Ngawen
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak, Penggunaan Gadget, Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Prodi S1 Keperawatan |
Depositing User: | Perpustakaan |
Date Deposited: | 10 May 2023 15:01 |
Last Modified: | 10 May 2023 15:01 |
URI: | http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/2778 |
Actions (login required)
View Item |