ASHARI, RULLI, B1501037 (2017) PENGARUH ORIENTASI PASIEN BARU TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG ZAM ZAM LANTAI 3 RUMAH SAKIT ISLAM KLATEN. Skripsi thesis, STIKES Muhammadiyah Klaten.
PDF
BAB I.pdf Download (54kB) |
|
PDF
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
PDF
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
PDF
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
PDF
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
|
PDF
BAB VI.pdf Download (85kB) |
|
PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) |
Abstract
Latar Belakang. Kondisi psikologis pada saat pasien akan dirawat di rumah sakit merupakan hal yang sangat perlu diberi perhatian. Penjelasan berbagai hal tentang pelayanan keperawatan menjadi interaksi awal antara pasien dan perawat yang dapat menumbuhkan hubungan saling percaya yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kepuasan pasien. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran”pengaruh orientasi pasien baru terhadap kepuasan pasien tentang pelayanan keperawatan di Ruang Zam-Zam lantai 3 RSI Klaten”. Metode Penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pengumpulan data secara Purposive sampling. Sampel penelitian adalah pasien yang dirawat di Ruang Zam-Zam lantai 3 RSI Klaten dengan jumlah 14 responden pada kelompok intervensi dan 14 responden pada kelompok kontrol. Hasil Penelitian. Hasil uji coba validitas instrumen menggunakan product moment dengan nilai r hitung > 0,361 dan reabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach dengan nilai 0,938. Hasil penelitian adalah rata-rata kepuasan pasien kelompok intervensi lebih tinggi (87,86) daripada kepuasan pasien kelompok kontrol (74,21). Simpulan. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan/pengaruh yang bermakna antara perlakuan tindakan orientasi pada saat awal masuk terhadap kepuasan pasien tentang pelayanan keperawatan selama menjalani rawat inap di RSI Klaten. Nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Variabel karakteristik pasien yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah pendidikan. Orientasi pasien pada awal masuk penting dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pasien.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Orientasi, Pelayanan Keperawatan, Kepuasan Pasien |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Prodi S1 Keperawatan |
Depositing User: | Mr Haryanto Hiroshi |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 03:37 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 03:37 |
URI: | http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/2181 |
Actions (login required)
View Item |