SUPRIYANTO, DWI, B1501014 (2017) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PELAYANAN KEPERAWATAN PADA PASIEN BPJS DI RSD BAGAS WARAS KLATEN. Skripsi thesis, STIKES Muhammadiyah Klaten.
PDF
BAB I.pdf Download (178kB) |
|
PDF
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
|
PDF
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
|
PDF
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
PDF
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
|
PDF
BAB VI.pdf Download (87kB) |
|
PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (282kB) |
Abstract
Latar Belakang: Mutu pelayanan kesehatan masyarakat perlu terus ditingkatkan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yaitu terwujudnya keadaan sehat pada semua pihak. Rumah sakit sebagai penyedia pelayanan dituntut agar selalu meningkatkan kualitas pelayanannya tanpa membedakan latar belakang sosial dan penanggung biaya pasien karena pasien yang bertindak sebagai konsumen yang menggunakan pelayanan tersebut ingin mendapatkan pelayanan yang berkualitas sehingga menciptakan kepuasan bagi pasien. Faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, yakni faktor internal dan faktor eksternal. Payanan keperawatan dan kepuasan pasien menjadi indikator keberhasilan penyelenggaraan pelayanan kesehatan di rumah sakit. Tujuan Penelitian: Untuk menganalisis Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan terhadap Kepuasan Pelayanan Keperawatan pada Pasien BPJS di RSD Bagas Waras Klaten. Metode Penelitian: Pelitian ini merupakan penelitian deskriptif analistis dengan pendekatan cross sectional, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien pengguna BPJS yang dirawat inap di RSD Bagas Waras Klaten selama satu tahun sejumlah 79 pasien BPJS. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Analisa data menggunakan Spearman Rank Hasil Penelitian: Karakteristik responden dengan umur antara 22-70 tahun, pendidikan responden sebagian besar SMP, jenis kelamin adalah laki-laki dan lama sakit selama 3-7 hari. Mutu pelayanan Keperawatan pasien BPJS sebagian besar adalah cukup sebanyak 36 orang (45,6%). Kepuasan pelayanan keperawatan pada pasien BPJS di RSD Bagas Waras Klaten sebagian besar adalah puas sebanyak 43%. Kesimpulan: Ada hubungan mutu pelayanan kesehatan dan kepuasan keperawatan pada pasien BPJS di RSD Bagas Waras Klaten dengan nilai hasil analisis p = 0,000; α=0,05.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mutu Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Keperawatan, Pasien BPJS |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Prodi S1 Keperawatan |
Depositing User: | Mrs Heri Siti |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 02:36 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 02:36 |
URI: | http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/2163 |
Actions (login required)
View Item |