DAMPAK PSIKOLOGIS PADA MAHASISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN SELAMA COVID-19

Putri, Nada Tirani 1601054 (2020) DAMPAK PSIKOLOGIS PADA MAHASISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN SELAMA COVID-19. Diploma thesis, STIKES Muhammadiyah Klaten.

[img] PDF
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] PDF
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB)

Abstract

Pada awal tahun 2020, COVID-19 menjadi masalah kesehatan dunia yang berdampak di sektor pendidikan yang di timbulkan oleh kebijakan pemerintah yaitu perguruan tinggi diminta menerapkan teknologi pembelajaran untuk perkuliahan via online. Hal ini menjadi masalah bagi perguruan tinggi yang belum memiliki akademik berbasis daring. Penerapan kebijakan belajar di rumah membuat sebagian mahasiswa merasa cemas dan tertekan. Banyaknya tugas yang diberikan oleh dosen membuat banyak mahasiswa merasa stres dalam menjalani pembelajaran daring. Adanya kendala dalam proses pembelajaran yang harus dihadapi akan berdampak pada psikologi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak psikologis yang di timbulkan covid-19 terhadap proses pembelajaran mahasiswa. Desain penelitian menggunakan Literature Review atau tinjauan pustaka yang diambil dari jurnal, internet, pustaka lain dengan terbitan tahun 2015-2020 berbahasa Inggris dan Indonesia yang dapat diakses free fulltext dengan keywords Dampak Psikologis OR Proses Pembelajaran OR Covid-19 OR Mahasiswa. Hasil literatur review menunjukan mahasiswa yang menjalani pembelajaran jarak jauh berpengaruh pada dampak psikologis, COVID-19 tidak hanya menyerang kesehatan fisik namun juga menyerang kesehatan psikologis serta berdampak pada psikosomatis lainnya. psikosomatis merupakan penyakit fisik disebabkan oleh tekanan psikologis yang dapat berasal dari stressor/sumber stress seperti lingkungan sosial sehingga membentuk kecemasan yang memengaruhi fungsi tubuh. Kesimpulan dari Literatur Review ini mahasiswa memiliki beberapa dampak psikologis terhadap proses pembelajaran selama COVID-19 diantaranya kecemasan, stress, gangguan fungsi emosional seperti depresi, dan gangguan psikosomatis ini yang menjadikan proses pembelajaran mahasiswa terganggu. Kata kunci : Dampak Psikologis, Mahasiswa, Proses Pembelajaran, Covid-19

Item Type: Karya Ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dampak Psikologis, Mahasiswa, Proses Pembelajaran, Covid-19
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Prodi S1 Keperawatan
Depositing User: Mrs Heri Siti
Date Deposited: 17 Feb 2021 02:17
Last Modified: 17 Feb 2021 02:17
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/1592

Actions (login required)

View Item View Item