GAMBARAN KUALITAS DAN AKSES PELAYANAN DASAR DI DESA KRB III GUNUNG MERAPI KLATEN

Nurhidayati, Istianna and Mawardi, Mawardi and Winarti, Ambar GAMBARAN KUALITAS DAN AKSES PELAYANAN DASAR DI DESA KRB III GUNUNG MERAPI KLATEN.

[img] PDF
2016 2 Istiana L.pdf

Download (254kB)

Abstract

Kesiapsiagaan yang berbasis masyarakat sudah banyak dilakukan organisasi PBB, lembaga swadaya masyarakat (LSM) maupun masyarakat yang melaksanakan program kesiapsiagaan bencana berbasis masyakarat. Ada 7 (tujuh) stakeholders yang berkaitan erat dengan kesiapsiagaan masyarakat dan tiga diantaranya merupakan stakeholders utama, yaitu : individu dan rumah tangga, pemerintah dan komunitas sekolah. (LIPI– UNESCO/ISDR, 2006, h19). Tujuan umum penelitian ini untuk mendapatkan gambaran tentang arti dan makna pengalaman keluarga dalam mempersiapkan diri menghadapi bahaya gunung merapi di Desa Tegalmulyo. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif Populasi penelitian ini adalah seluruh keluarga yang ada di desa Tegalmulyo. Jumlah sampel penelitian sebanyak 7 partisipan yang diperoleh dengan tehnik purposive sampling yang sesuai kriteria insklusi penelitian. Pengumpulan data menggunakan tehnik indepth interview. Hasil penelitian ini adapun jumlah pengangguran di KSN Merapi sejumlah 7.319 orang. Jumlah pengangguran terbesar didominasi oleh mereka yang tamat SMA yaitu 3.310 orang (45.2 persen), kelompok penggangguran yang tamat SLTP 1.461 orang (19.96 persen) seperti disajikan pada Tabel 3. Besarnya jumlah pengangguran di KSN Merapi tersebut diantaranya adalah akibat erupsi Merapi. Dampak Merapi telah menyebabkan kemunduran sektor pertanian (perkebunan dan peternakan) yang merupakan pekerjaan utama masyarakat sebelum terjadinya erupsi. Kesimpulan dari penelitian ini Pelayanan dasar di daerah belum memenuhi kebutuhan bagi desa di daerah rawan bencana; 1) Pelayanan dasar di desa bencana merupakan salah satu bentuk mitigasi untuk meningkatkan ketangguhan masyarakat desa di daerah rawan bencana. 2) Bencana alam gunung berapi mempunyai dampak kerusakan yang cukup besar terhadap wilayah di sekitarnya. 3) Akibat dampak primer erupsi Merapi yang berupa awan panas “wedus gembel” telah merusak fasilitas pelayanan dasar, perekonomian dan pelayanan dasar. 5) Kerusakan fasilitas pelayanan dasar telah menimbulkan dampak Kata kunci: akses pelayanan dasar, KRB III Gunung Merapi

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Mrs Heri Siti
Date Deposited: 03 Nov 2020 03:04
Last Modified: 03 Nov 2020 03:59
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/1088

Actions (login required)

View Item View Item