PENGARUH PEMBERIAN LATIHAN BERCAKAP-CAKAP DENGAN ORANG LAIN TERHADAP KEMAMPUAN KLIEN MENGONTROL HALUSINASI DENGAR DI RSJD DR. RM. SOEDJARWADI PROVINSI JAWA TENGAH

Saraswati, Titin 1301060 (2017) PENGARUH PEMBERIAN LATIHAN BERCAKAP-CAKAP DENGAN ORANG LAIN TERHADAP KEMAMPUAN KLIEN MENGONTROL HALUSINASI DENGAR DI RSJD DR. RM. SOEDJARWADI PROVINSI JAWA TENGAH. Skripsi thesis, STIKES Muhammadiyah Klaten.

[img] PDF
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] PDF
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF
BAB VI.pdf

Download (156kB)
[img] PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)

Abstract

Halusinasi pendengaran adalah peristiwa internal yang melibatkan kognisi, yang dirasakan oleh individu.Klien dengan skizofrenia 70% mengalami halusinasi. Prevalensi halusinasi di RSJD Dr. RM. Soedjarwadi Provinsi Jawa Tengah pada bulan Januari 2017 83orang, bulan Februari 101 orang, dan bulan Maret 103 orang. Halusinasi lebih sering terjadi pada laki-laki daripada perempuan. Dampak yang ditimbulkan dari halusinasi adalah kehilangan kontrol dirinya, bunuh diri, melukai orang lain, bahkan merusak lingkungan. Penanganan pasien dengan halusinasi bertujuan agar pasien mampu mengontrol halusinasinya. Untuk mengontrol halusinasi, dilakukan dengan latihan bercakap-cakap, dengan latihan bercakap-cakap maka terjadi ditraksi (fokus perhatian klien akan beralih dari halusinasi ke percakapan yang dilakukan dengan orang lain). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan one group pretest posttest without control. Teknik pengambilan sampel menggunkan purposive sampling, jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 16 responden. Instrument yang digunakan adalah kuesioner. Analisis penelitian menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kategori kemampuan mengontrol halusinasi sebelum dilakukan latihan bercakap-cakap 75,0% masuk dalam kategori tidak mampu mengontrol halusinasi dan 25,0% masuk dalam kategori mampu mengontrol halusinasi. Setelah diberikan latihan bercakap-cakap 100,0% responden masuk dalam kategori mampu mengontrol halusinasi, dengan p-value 0,000. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh pemberian latihan bercakap-cakap terhadap kemampuan mengontrol halusinasi pendengaran di RSJD Dr. RM. Soedjarwadi Provinsi Jawa Tengah. Kata Kunci : Latihan bercakap-cakap, kemampuan mengontrol, halusinasi pendengaran.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Prodi S1 Keperawatan
Depositing User: Mrs Heri Siti
Date Deposited: 16 Oct 2020 02:11
Last Modified: 16 Oct 2020 02:11
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/1057

Actions (login required)

View Item View Item