PENGARUH PROGRAM FULL DAY (TK AL HASNA) dan HALF DAY (KB TKIT MUTIARA HATI) TERHADAP PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK PRASEKOLAH USIA 4-5 TAHUN DI KABUPATEN KLATEN

LAYLIA, NUR 1403035 (2017) PENGARUH PROGRAM FULL DAY (TK AL HASNA) dan HALF DAY (KB TKIT MUTIARA HATI) TERHADAP PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK PRASEKOLAH USIA 4-5 TAHUN DI KABUPATEN KLATEN. Diploma thesis, STIKES Muhammadiyah Klaten.

[img] PDF
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] PDF
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF
BAB V.pdf

Download (14kB)
[img] PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (63kB)

Abstract

Program full day dan half day di dirikan untuk yang ada di masyarakat. Akhir-akhir ini terjadi peningkatan jumlah program sekolah full day di tanah air. Di Kabupaten Klaten, dari 73 sekolah menyatakan bahwa sebanyak 18 sekolah sudah menerapkan system full day dan sebanyak 55 sekolah lainnya masih dalam tahap pertimbangan dan persiapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program full day (Al Hasna) dan halfday school (KB TKIT Mutiara Hati) terhadap pengembangan kemandirian anak prasekolah usia 4-5 tahun di Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian observasi onalana litik.Sampel penelitian adalah siswa program full day dan Half day di TK Al Hasna dan Mutiara Hatiusia 4-5 tahun di Kabupaten Klaten sebanyak 59 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dan angket.Teknik analisis data menggunakan uji Independent T Test.Hasil penelitian diketahui bahwa siswa yang menjadi responden dalam penelitian ini mayoritas berusia 5 tahun sebanyak 31 orang (52.54%), memiliki keikut sertaan dalam program Full Day tergolong sangat tinggi dan tinggi masing-masing sebanyak 11 siswa (44.00%),memiliki keikutsertaan dalam program Half Day tergolong tinggi sebanyak 17 siswa (50.00%), dan siswa yang menjadi responden dalam penelitian ini kemandirian anaknya tergolong kurang mandiri sebanyak 51 siswa (86.44%). Kesimpulan terdapat pengaruh Program Full day (Al Hasna) dan Halfday School (KB TKIT Mutiara Hati) terhadap pengembangan kemandirian anak prasekolah usia 4-5 tahun di Kabupaten Klaten. Hasil analisis data pada siswa yang mengikuti program full day memiliki nilai rata-rata lebih besar dari nilai rata-rata siswa yang mengikuti program half day (76,40>68,70). Saran bagi pihak sekolah hendaknya mengimplementasikan program full day school dan half day sebagai upaya pembentukan karakter khususnya nilai kemandirian pada anak prasekolah. Kata kunci : Program Full day dan Half day School, Kemandirian, Anak Prasekolah.

Item Type: Karya Ilmiah (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Prodi D3 Kebidanan
Depositing User: Mrs Heri Siti
Date Deposited: 26 Jun 2020 04:21
Last Modified: 26 Jun 2020 04:21
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/825

Actions (login required)

View Item View Item