PERBEDAAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL ANAK TERHADAP PROGRAM PENDIDIKAN FULL DAY (TK BUAH HATI KITA) DENGAN HALF DAY (TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL)

FADDILAH, LUTHFIAH HUSNI, 1503020 (2018) PERBEDAAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL ANAK TERHADAP PROGRAM PENDIDIKAN FULL DAY (TK BUAH HATI KITA) DENGAN HALF DAY (TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL). Diploma thesis, STIKES Muhammadiyah Klaten.

[img] PDF
BAB I.pdf

Download (386kB)
[img] PDF
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] PDF
BAB V.pdf

Download (251kB)
[img] PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)

Abstract

Personal sosial adalah kemampuan penyesuaian diri dan sosialisasi dengan lingkungan serta perhatian yang harus dicapai anak sesuai dengan umur dan kemandirian anak, Perkembangan motorik halus, motorik kasar, bahasa, dan personal social dipengaruhi oleh factor lingkungan yang dibuktikan saat di sekolah anak diajarkan untuk menggambar, menulis, mewarnai, berlari cepat, bermain bola, anak diajak berbicara dengan menggunakan bahasa yang benar, bermain ular tangga, anak diajarkan makan sendiri tanpa disuapi, TK dilakukan dari jenisnya dapat dibedakan ke dalam bentuk TK yang diselenggarakan hampir sehari penuh lamanya (fullday session) dan TK yang berlangsung dalam waktu yang lebih singkat (reguler) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbedaan perkembangan personal sosial anak terhdap program pendidikan fullday dengan halfday tahun 2018. Metode penelitian ini menggunakan metode comperative study dengan pendekatan case control. Populasi dari penelitian ini adalah dari TK fullday 99 anak dan TK halfday 60 anak. Sampel dalam penelitian ini 32 anak. Analisa data menggunakan uji paired T-test. Hasil penelitian ini tidak ada perbedaan perkembangan personal sosial anak terhadap program pendidikan fullday dengan halfday yaitu denga nilai p=0,110 (p>0,05) Kesimpulan hasil penelitian tentang perkembangan personal sosial anak terhadap program pendidikan fullday dengan halfday tidak ada perbedaan perkembangan personal sosial anak dengan program pendidikan fullday dengan halfday.Saran untuk orang tua yaitu untuk dapat mengembangkan personal sosial anak tidak sepenuh nya di berikan pada sekolah, personal sosial bisa diberikan saat anak berada di rumah. Kata kunci : Perkembangan Personal Sosial anak

Item Type: Karya Ilmiah (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RJ Pediatrics
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Prodi D3 Kebidanan
Depositing User: Mrs Heri Siti
Date Deposited: 20 Apr 2020 08:13
Last Modified: 27 Jan 2022 03:59
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/600

Actions (login required)

View Item View Item