FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELAYANAN ANC DI POLIKLINIK OBSGYN RUMAH SAKIT UMUM ISLAM KLATEN

PERTIWI, ENI, B1801009 (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELAYANAN ANC DI POLIKLINIK OBSGYN RUMAH SAKIT UMUM ISLAM KLATEN. Skripsi thesis, STIKES Muhammadiyah Klaten.

[img] PDF
BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] PDF
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF
BAB VI.pdf

Download (79kB)
[img] PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)

Abstract

Antenatal care merupakan salah satu kegiatan program kesehatan ibu dan anak (KIA) yang bertujuan untuk menurunkan angka kematian ibu. Kepuasan dalam dunia kesehatan merupakan sesuatu yang hakiki. Kepuasan ANC menjadi hal yang penting diteliti karena untuk meningkatkan mutu pelayanan pemeriksaan kehamilan di rumah sakit sehingga pasien melakukan pemanfaatan ulang dan melakukan ANC secara rutin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelayanan ANC di Poliklinik Obsgyn Rumah Sakit Umum Islam Klaten. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Sampel yang digunakan sejumlah 91 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Uji statistik menggunakan distribusi frekuensi, chi square dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian diperoleh faktor yang berhubungan dengan kepuasan pelayanan ANC di Poliklinik Obsgyn Rumah Sakit Umum Islam Klaten adalah kualitas pelayanan (p value 0,003), fasilitas (p value 0,040), biaya (p value 0,038) dan sikap (p value 0,022) sedangkan faktor yang tidak berhubungan dengan kepuasan pelayanan ANC di Poliklinik Obsgyn Rumah Sakit Umum Islam Klaten adalah usia (p value 0,060), pendidikan (p value 0,218), pekerjaan (0,674), paritas (p value 0,276) dan waktu tunggu (p value 0,834). Kesimpulan penelitian ini adalah faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelayanan ANC di Poliklinik Obsgyn Rumah Sakit Umum Islam Klaten adalah kualitas pelayanan dengan hasil p value 0,002 (α = 0,05) dan responden yang mendapatkan kualitas pelayanan buruk beresiko 4,997 kali tidak puas atas pelayanan ANC yang dilakukan di Poliklinik Obsgyn Rumah Sakit Umum Islam Klaten.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pelayanan ANC
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Prodi S1 Keperawatan
Depositing User: Perpustakaan
Date Deposited: 23 Dec 2024 16:09
Last Modified: 23 Dec 2024 16:09
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/3778

Actions (login required)

View Item View Item