PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN SECARA DEMONSTRASI : MEMANDIKAN BAYI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN IBU POST PARTUM DI RUANG KANA RSUD WONOSARI

ANGGRAENI, RETNO, B202301061 (2024) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN SECARA DEMONSTRASI : MEMANDIKAN BAYI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN IBU POST PARTUM DI RUANG KANA RSUD WONOSARI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KLATEN.

[img] PDF
BAB I.pdf

Download (115kB)
[img] PDF
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF
BAB VI.pdf

Download (8kB)
[img] PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)

Abstract

Latar Belakang: Memandikan bayi merupakan upaya yang dilakukan untuk menjaga agar tubuh bayi bersih, terasa segar, dan mencegah kemungkinan infeksi. Namun, banyak ibu post partum yang belum mengerti tentang cara memandikan bayi dikarenakan kurangnya pengetahuan. Memandikan bayi memiliki tantangan tersendiri bagi orang tua, rasa khawatir dan takut karena belum mempunyai pengalaman dalam memandikan bayi baru lahir. Dan menjadikan orang tua bayi melimpahkan tugasnya kepada yang lebih tua atau dukun bayi. Sehingga kebutuhan pendidikan kesehatan dan pelatihan memandikan bayi sangat dibutuhkan untuk dapat memberikan perawatan bayi sehari-hari. Tujuan: untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan secara demonstrasi memandikan bayi terhadap tingkat pengetahuan pada ibu post partum di Ruang Kana RSUD Wonosari. Metode: Desain Penelitian Quasi eksperimen, dengan teknik pengambilan sampel secara accidental sampling sebanyak 30 orang. Analisis bivariat menggunakan uji statistik dengan uji Paired T Test dan Independen Sample T Test. Hasil: Rata-rata umur responden pada kelompok intervensi 25,13 ± 4,98 dan kelompok kontrol 26,4 ± 4,92. Mayoritas responden memiliki berpendidikan tingkat SMA (53,3%), multipara (63,3%), cara persalinan SC (66,7%), dan tidak bekerja (80%). Rerata peningkatan pengetahuan pada kelompok intervensi sebesar 8,45 dan pada kelompok kontrol sebesar 5,72. Hasil analisa melalui uji Paired T Test data pengetahuan sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok intervensi didapatkan nilai p value 0,000 < α 0,05 dengan nilai korelasi 0,887, dan pada kelompok kontrol didapatkan nilai p value 0,000 < α 0,05 nilai korelasi 0,898. Hasil analisa pengaruh pendidikan kesehatan didapatkan hasil P value 0,001 < 0,05 dengan nilai t 3,596, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Simpulan: Terdapat pengaruh pemberian pendidikan kesehatan secara demonstrasi terhadap tingkat pengetahuan ibu post partum di Ruang Kana RSUD Wonosari.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Post partum, Memandikan bayi, Metode demonstrasi, Pengetahuan.
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Prodi S1 Keperawatan
Depositing User: Perpustakaan
Date Deposited: 27 Nov 2024 12:11
Last Modified: 27 Nov 2024 12:11
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/3629

Actions (login required)

View Item View Item