CAHYANI, YULIA DWI, 1901053 (2023) PENGARUH POSITIVE SELF TALK TERHADAP KONSEP DIRI PADA REMAJA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 CEPER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KLATEN.
PDF
BAB I.pdf Download (210kB) |
|
PDF
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) |
|
PDF
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
|
PDF
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
PDF
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
|
PDF
BAB VI.pdf Download (91kB) |
|
PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
Abstract
Masa remaja dianggap sebagai masa peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa, pada tahap perkembangan remaja akan mengalami perubahan dari segi fisik, mental, emosional, termasuk pembentukan konsep diri pada remaja, berdasarkan hasil data wawancara dari guru BK, beberapa guru, dan remaja kelas VIII didapatkan fenomena dimana remaja kelas VIII berkelahi dengan temannya, sering membolos, tidak tertib dalam aturan sekolah, serta permasalahan pada saat pembelajaran seperti remaja pasif di kelas, tidak memperhatikan guru, dan remaja yang sering mengerjakan tugas asal-asal, hal tersebut menggambarkan remaja yang tidak mempunyai konsep diri tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pelaksanaan positive self talk terhadap konsep diri pada remaja kelas VIII di SMP N 1 Ceper. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan pendekatan cross sectional dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental design dengan rancangan nonequivalent control group design. Sampel dari penelitian ini adalah remaja kelas VIII di SMP N 1 Ceper sebanyak 20, 10 orang kelompok eksperimen dan 10 orang kelompok kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan skor post test TSCS pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada uji paired t-test didapatkan hasil Sig. (2-tailed) 0,01 < 0,05, dapat dilihat hasil rata-rata post test pada kelompok eksperimen didapatkan 104,90 dan mengalami peningkatan sebanyak 17,8 sedangkan hasil rata-rata post test pada kelompok kontrol didapatkan 89,80 dan mengalami penurunan sebanyak 1,4, hasil nilai signifikasi menunjukan < 0,05 maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa positive self talk berpengaruh terhadap konsep diri remaja.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep diri, positive self talk, remaja |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Prodi S1 Keperawatan |
Depositing User: | Perpustakaan |
Date Deposited: | 16 Nov 2023 08:54 |
Last Modified: | 16 Nov 2023 08:54 |
URI: | http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/3198 |
Actions (login required)
View Item |