RAHMADANI, FIRLIANISSA NUR, 1901026 (2023) PENGARUH PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA BALITA DI DESA GATAK NGAWEN KLATEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KLATEN.
PDF
BAB I.pdf Download (93kB) |
|
PDF
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
|
PDF
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
|
PDF
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
|
PDF
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
|
PDF
BAB VI.pdf Download (31kB) |
|
PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114kB) |
Abstract
Latar belakang: Perkembangan balita merupakan masa dimana balita mempunyai struktur dan fungsi tubuh yang lebih canggih dalam hal berbicara, bahasa, sosialisasi, dan kemandirian. Selain itu, tumbuh kembang merupakan salah satu tanda kesehatan anak sesuai usianya. Melakukan pendidikan anak usia dini merupakan salah satu strategi untuk memastikan anak tidak mengalami keterlambatan perkembangan. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh pendidikan anak usia dini terhadap perkembangan anak usia balita di Desa Gatak Ngawen Klaten. Metode: Rancangan penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 102 responden dengan teknik probability sampling. Hasil: Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh pendidikan anak usia dini terhadap perkembangan anak usia balita (pValue 0.002). Kesimpulan: Balita yang mengikuti pendidikan anak usia dini mendapatkan pembelajaran di sekolah sehingga mayoritas perkembangan anak normal sesuai usia kronoligis, pada balita yang tidak mengikuti pendidikan usia dini terdapat anak yang mengalami keterlambatan perkembangan dapat terjadi karena kurangnya stimulus, dukungan dan interaksi dalam proses perkembangan anak.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Balita, DDST, Pendidikan Anak Usia Dini, Perkembangan Anak. |
Subjects: | R Medicine > RJ Pediatrics |
Divisions: | Prodi S1 Keperawatan |
Depositing User: | Perpustakaan |
Date Deposited: | 16 Nov 2023 06:48 |
Last Modified: | 16 Nov 2023 06:48 |
URI: | http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/3170 |
Actions (login required)
View Item |