PENGARUH PERMAINAN EDUKATIF KOLASE TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR ANAK DENGAN GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIF (GPPH) DI SLB B/C YKGR BAYAT

SURATMI, SURATMI, 1401059 (2018) PENGARUH PERMAINAN EDUKATIF KOLASE TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR ANAK DENGAN GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIF (GPPH) DI SLB B/C YKGR BAYAT. Skripsi thesis, STIKES Muhammadiyah Klaten.

[img] PDF
BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] PDF
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] PDF
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)

Abstract

Anak dengan GPPH sering mengalami kesulitan dalam konsentrasi belajar yang akan mempengaruhi prestasi belajarnya, akibatnya tentu akan menurunkan kualitas hidup anak. Anak mengalami adanya hambatan, keterlambatan dalam kemampuan anak dalam konsentrasi belajar. Salah satu upaya untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak dengan GPPH melalui stimulus motorik halus anak dengan permainan edukatif kolase. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan edukatif kolase terhadap konsentrasi pada anak dengan GPPH. Desain penelitian menggunakan Quasi eksperimental design, dengan rancangan pre test and post test control group. Populasi dalam penelitian ini adalah anak dengan kriteria GPPH sebanyak 20 responden. Teknik sampling menggunakan Purposive Sampling, pengumpulan data dilakukan menggunakan alat bantu kuesioner konsentrasi. Uji Statistik menggunakan Wilcoxon dan Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji statistic dengan Wilcoxon Test kelompok intervensi mempunyai nilai p = 0,005 (p < 0,05) berarti ada pengaruh pemberian permainan edukatif kolase terhadap konsentrasi. Hasil uji Mann Whitney Test pada pre test kelompok intervensi dan kelompok kontrol memiliki nilai pvalue sebesar 0,661 (p>0,05), yang berarti tidak terdapat perbedaan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Sedangkan pos test pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol memiliki nilai p value sebesar 0,045 (p<0,05) yang berarti ada perbedaan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Kesimpulan ada pengaruh pemberian permainan edukatif kolase terhadap konsentrasi pada anak dengang GPPH di SLB B/C YKGR Bayat. Kata kunci : permainan edukatif kolase, konsentrasi belajar, anak (GPPH).

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan edukatif kolase, konsentrasi belajar, anak (GPPH)
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Prodi S1 Keperawatan
Depositing User: Mr Haryanto Hiroshi
Date Deposited: 18 Mar 2020 01:53
Last Modified: 01 Apr 2022 04:35
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/312

Actions (login required)

View Item View Item