PUTRI, ARIE RACHMA and HUSNA, FAIZAH KHOTIMATUL and ISMAIL, HABIB and INDRASWATI, TUTIK and SULISTYA, SAFIRA NUR (2023) PERAN ORANG TUA DALAM FINANCIAL EDUCATION PADA ANAK USIA DINI. ANALOGI JURNAL ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA, 1 (2). pp. 66-72. ISSN : 2987-2014; p-ISSN : 2964-5794
PDF
PERAN ORANG TUA.pdf Download (422kB) |
|
PDF
SIMILARITY PERAN ORANG TUA.pdf Download (456kB) |
Abstract
Alam meningkatkan pendidikan pada anak, peran orang tua sangatlah diperlukan. Saat ini kehidupan anak semakin kompleks, begitu juga untuk masa depan mereka, sehingga apa yang ditanamkan dan diajarkan saat ini menjadi penentu kesejahteraan anak dimasa yang akan datang. Tanggung jawab orang tua tidak sekedar membesarkan anak secara fisik, materi dan emosional saja, tetapi orang tua juga perlu menanamkan nilai-nilai kehidupan sebagai bekal untuk perkembangan anak, seperti mengajarkan tentang kecerdasan financial pada anak dalam mengelola keuangannya dengan cara menabung. Financial education pada anak usia dini perlu diawali oleh orang tua yang menjadi pendidik pertama di keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam melakukan financial education pada anak usia dini. Metodologi pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan responden murid dan wali murid siswa Paud Kasih Ibu Desa Delanggu. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebesar 87% siswa sudah mengenal tentang uang dan 80% siswa memperoleh pendidikan keuangan dari orang tua. Selain itu 86% siswa sudah melakukan aktivitas menabung dan 64% siswa memperoleh pengajaran menabung dari orang tua, sehingga nampak bahwa peran orang tua dalam Financial Education sangatlah penting.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Financial education; Peran orang tua; Anak usia dini; Menabung |
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance |
Depositing User: | Arie Rachma |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 02:23 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 02:23 |
URI: | http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/2972 |
Actions (login required)
View Item |