TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TENTANG PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI PUSKESMAS NGAWEN II GUNUNGKIDUL

KHASANAH, SHILVIANA USWATUN, 1904066 (2022) TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TENTANG PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI PUSKESMAS NGAWEN II GUNUNGKIDUL. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Klaten.

[img] PDF
BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] PDF
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] PDF
BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB)

Abstract

Pelayanan kefarmasian di puskesmas yaitu pelayanan yang dilaksanakan oleh minimal 1 apoteker dan 1 tenaga teknis kefarmasian.Apoteker diupayakan melakukan pelayanan kefarmasian untuk 50 pasien perhari. Tenaga kefarmasian di Puskesmas Ngawen II Gunungkidul melaksanakan pelayanan kefarmasian pertahun sebanyak 2842 pasien, perbulan sebanyak 942 pasien dan jumlah rata-rata pasien perhari sebanyak 474 pasien. Kepuasan pasien rawat jalan adalah perasaan seseorang yang timbul setelah mendapatkan pelayanan kefarmasian di puskesmas tersebut.Kepuasan pasien dapat diketahui dari kinerja petugas kefarmasian tersebut sesuai dengan yang diharapkan pasien.Kepuasan pasien dipengaruhi oleh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan tentang pelayanan kefarmasian di instalasi farmasi Puskesmas Ngawen II Gunungkidul.Penelitian tersebut merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sample dengan Sampling aksidental. Penelitian tersebut diperoleh hasil kepuasan pasien rawat jalan berdasarkan 4 dimensi yaitu dimensi kepedulian diperoleh hasil sebesar 99% dengan kategori puas, dimensi cepat tanggap diketahui hasil 96% dengan kategori puas, dimensi jaminan diketahui hasil 91% dengan kategori puas dan dimensi kehandalan diketahui hasil 94% dengan kategori puas. Diperoleh hasil keseluruhan dari keempat dimensi tersebut yaitu 95% dengan kategori puas.Hasil keseluruhan yang diperoleh sebesar 95% > 50%.Sehingga dapat dikatakan puas pada pelayanan kefarmasian.

Item Type: Karya Ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas, Kepuasan Pasien Rawat Jalan, Puskesmas Ngawen II Gunungkidul
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Prodi D3 Farmasi
Depositing User: Mrs Heri Siti
Date Deposited: 17 May 2023 03:41
Last Modified: 17 May 2023 03:41
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/2834

Actions (login required)

View Item View Item