PENGARUH KOMBINASI MEWARNAI DAN ORIGAMI TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK PRA SEKOLAH DI TK PERTIWI GENTAN

PURNAWATI, SILFIA, 1701041 (2021) PENGARUH KOMBINASI MEWARNAI DAN ORIGAMI TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK PRA SEKOLAH DI TK PERTIWI GENTAN. Skripsi thesis, STIKES Muhammadiyah Klaten.

[img] PDF
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] PDF
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF
BAB VI.pdf

Download (87kB)
[img] PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)

Abstract

Anak merupakan individu yang berada dalam satu rentang perubahan perkembangan yang dimulai dari bayi hingga remaja.Pemantauan perkembangan motorik halus anak penting dilakukan untuk mengetahui penyimpangan sejak dini, sehingga dapat dilakukan upaya pencegahan, upaya stimulasi dan upaya penyembuhan serta pemulihan dalam pelayanan kesehatan anak.Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kombinasi mewarnai dan origami dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak prasekolah di TK Pertiwi Gentan. Metode : jenis penelitian ini menggunakan quasi exsperimental dengan desain penelitian pre test post testnonequivalent control groupsampel dalam penelitian anak prasekolahdengan jumlah 34 responden (kelompok intervensi dan kelompok kontrol), rerata usia responden ± 82 bulan dan ± 72 bulan, jenis kelami kelompok intervensi mayoritas perempuan 8 (57.1%) dan kelompok kontrol 12 (60%), pendidikan orang tua mayoritas SMA. Hasil penelitian menunjukkan kelompok intervensi diperoleh nilai pvalue(0,046<0,05) dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak dan kelompok kontrol diperoleh nilai p-value 0,157>0,05 dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak pra sekolah. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai p-value0,157>0,05 menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan pengaruh kombinasi mewarnai dan origami terhadap perkembangan kemampuan motorik halus anak usia prasekolah di TK Pertiwi Gentan. Kata kunci : mewarnai, origami, motorik halus, prasekolah.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: mewarnai, origami, motorik halus, prasekolah
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Prodi S1 Keperawatan
Depositing User: Mrs Heri Siti
Date Deposited: 13 Jan 2022 02:21
Last Modified: 13 Jan 2022 02:21
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/2128

Actions (login required)

View Item View Item