PENGARUH ORIENTASI PASIEN BARU TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM PKU MUHAMMADIYAH JATINOM

Nugrohowati, Nias B1901015 (2021) PENGARUH ORIENTASI PASIEN BARU TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM PKU MUHAMMADIYAH JATINOM. Skripsi thesis, STIKES Muhammadiyah Klaten.

[img] PDF
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] PDF
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF
BAB VI.pdf

Download (7kB)
[img] PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)

Abstract

Latar Belakang: Pelayanan keperawatan dimulai pada saat pasien pertama kali masuk Rumah Sakit dan perawat akan menyampaikan mengenai ruangan , tenaga medis, tata tertib ruangan dan penyakit. Pelayanan di Rumah Sakit sangat dipengaruhi oleh peran perawat dalam mengorientasikan pasien baru.Tingkat kepuasan dapat dipengaruhi oleh perhatian, latar belakang pendidikan, status ekonomi, budaya, suasana hati. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh orientasi pasien baru terhadap kepuasan pasien di RSU PKU Muhammadiyah Jatinom. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain quasi ekperimen. Responden penelitian ini sebanyak 40 dibagi dua pada kelompok intrervensi dan kelompok kontrol diperoleh dengan consecutive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan cara pengisian keusioner. Analisa data menggunakan uji mann withney. Hasil penelitian:menunjukan rerata usia responden 31.60 ± 8.450 pada kelompok intervensi dan 38.05± 11.344 pada kelompok kontrol. Jenis kelamin responden sebagian besar perempuan sebanyak 13 (65%) pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol. kepuasan pada kelompok intervensi 95.0% sebagian responden merasa puas dan pada kelompok kontrol 80.0% sebagian responden merasa puas. Hasil uji mann withney menunjukan tidak ada pengaruh antara orientasi pasien baru terhadap kepuasan pasien dengan (p = 0,617) . Simpulan: pada penelitian ini tidak ada pengaruh antara orientasi pasien baru terhadap kepuasan pasien Kata kunci : Orientasi Pasien Baru, Kepuasan Pasien

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Orientasi Pasien Baru, Kepuasan Pasien
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Prodi S1 Keperawatan
Depositing User: Mrs Heri Siti
Date Deposited: 10 Aug 2021 02:22
Last Modified: 10 Aug 2021 02:22
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/1738

Actions (login required)

View Item View Item