HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT ISLAM KLATEN

MARSONO, BOWO, B1701005 (2019) HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT ISLAM KLATEN. Skripsi thesis, STIKES Muhammadiyah Klaten.

[img] PDF
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] PDF
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF
BAB VI.pdf

Download (9kB)
[img] PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)

Abstract

Latar Belakang: Waktu tunggu pelayanan merupakan salah satu hal penting yang akan menetukan citra awal rumah sakit. Waktu tunggu pasien merupakan salah satu komponen yang potensial menyebabkan ketidak puasan. Pasien akan menganggap pelayanan kesehatan rawat jalan jelek dan tidak memuaskan, apabila waktu menunggu pelayanan terlalu lama, dan hal ini akan mempengaruhi kenyamanan pasien yang berdampak tidak baik terhadap citra rumah sakit, serta dapat mempengaruhi utilisasi pasien di masa mendatang. Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui hubungan waktu tunggu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan RS Islam Klaten. Metode: Desain penelitian ini diskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional, teknik pengambilan sempel menggunakan accidental sempling dengan 81 responden . Instrument pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sedangankan analisis data mengunakan analisis univariat, bivariat dengan uji chi square. Hasil: rerata usia responden penelitian ini 43,5 tahun, sebagian besar berjenis kelamin perempuan (65,4%), berpendidikan SLTA (53,1%), pekerjaan karyawan swasta (33,9%), waktu tunggu pelayanan sebagian besar cepat (56,8%) dan tingkat kepuasan pasien sebagian besar sangat puas (45,7%). Hasil uji chi square menun jukan ada hubungan antara waktu tunggu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien, p value = 0,000; α = 0,05. Kesimpulan: ada hubungan antara waktu tunggu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien Rawat Jalan RS Islam Klaten. Kata Kunci: Waktu Tunggu Pelayanan, Tingkat Kepuasan Pasien, Pasien Rawat Jalan

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Waktu Tunggu Pelayanan, Tingkat Kepuasan Pasien, Pasien Rawat Jalan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Prodi S1 Keperawatan
Depositing User: Mrs Heri Siti
Date Deposited: 24 Feb 2021 02:18
Last Modified: 07 Mar 2022 08:32
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/1675

Actions (login required)

View Item View Item