TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI RSUD PANDANARANG BOYOLALI

Pambudi, Irsyam Eka 1304013 (2016) TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI RSUD PANDANARANG BOYOLALI. Diploma thesis, STIKES Muhammadiyah Klaten.

[img] PDF
BAB 1.pdf

Download (225kB)
[img] PDF
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)

Abstract

Pelayanan BPJS kesehatan yang bermutu adalah pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata pasien setiap bulannya, serta penyelenggaraannya sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan yang telah ditetapkan. Pelayanan informasi obat pada saat ini bukansekedar menyerahkan obat tetapi obat harus diinformasikan secara jelas kepada pasien agar pasien tidak salah menggunakan obat yang diterimanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kepuasan pasien BPJS Kesehatan rawat jalan terhadap kualitas pelayanan informasi obat di RSUD Pandan Arang Boyolali. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dan observasi yang merupakan studi deskriptif dengan menggunakan rancangan crossectionaldengan pendekatan accidental untuk menganalisis kepuasan pasien BPJS Kesehatan rawat jalan. Sampel yang digunakan sebanyak 98 responden dari 51.067 pasien yang menggunakan BPJS Kesehatan pada bulan Juni pada tahun 2016. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di RSUD Pandan Arang Boyolali sebanyak 59,2% pasien sudah puas dengan pelayanan informasi obat yang diberikan ditunjukkan dengan tingkat kepuasan sebanyak 51,0%. Faktor-faktor yang dianggap sangat penting dan sangat memuaskan sehingga wajib dipertahankan, adalah komunikasi yang baik antara petugas dan pasien, sehingga pasien mendapatkan informasi yang jelas, dan mengerti mengenai obat yang diterima agar terjalin suatu kepercayaan kepada petugas instalasi farmasi di RSUD Pandan Arang Boyolali. Kata kunci : Kepuasan, Pelayanan Informasi Obat, Pasien Rawat Jalan BPJS Kesehatan, RSUD Pandan Arang Boyolali

Item Type: Karya Ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Pelayanan Informasi Obat, Pasien Rawat Jalan BPJS Kesehatan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Prodi D3 Farmasi
Depositing User: Mrs Heri Siti
Date Deposited: 02 Dec 2020 03:19
Last Modified: 02 Dec 2020 03:19
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/1286

Actions (login required)

View Item View Item