PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF PUZZLE TERHADAP KONSENTRASI ANAK DENGAN GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIVITAS (GPPH) DI AROGYA MITRA AKUPUNTUR KLATEN

PRANANDARI, CAHYANINGSIH, 1401009 (2018) PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF PUZZLE TERHADAP KONSENTRASI ANAK DENGAN GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIVITAS (GPPH) DI AROGYA MITRA AKUPUNTUR KLATEN. Skripsi thesis, STIKES Muhammadiyah Klaten.

[img] PDF
BAB I.pdf

Download (58kB)
[img] PDF
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF
BAB VI.pdf

Download (36kB)
[img] PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)

Abstract

GPPH dicirikan dengan tingkat gangguan perhatian, impulsivitas dan hiperaktivitas yang tidak sesuai dengan tahap perkembangan anak. Kondisi tersebut tentunya dapat menyebabkan berbagai masalah seperti kesulitan belajar, kesulitan berperilaku, kesulitan sosial dan salah satunya adalah sulit dalam berkonsentrasi. Salah satu upaya untuk meningkatkan konsentrasi terhadap anak dengan GPPH yaitu melalui alat permainan edukatif puzzle. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh alat permainan edukatif puzzle terhadap konsentrasi anak dengan GPPH. Desain penelitian yang digunakan adalah menggunakan pre-experimental dengan rancangan One Group Pretest Post Test. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian sejumlah 15 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner konsentrasi. Uji statistik bivariat menggunakan Paired T-Test. Skor konsentrasi sebelum diberikan permainan edukatif puzzle sebesar 7,53 dengan standar deviasi 3,021 dalam kategori rendah. Skor konsentrasi setelah diberikan permainan edukatif puzzle sebesar 11,80 dengan standar deviasi 4,074 dalam kategori sedang. Peningkatan skor sebesar 4,27. Hasil Uji statistik Paired T-Test memperoleh hasil Pvalue < alpha (0,000<0,05). Kesimpulan pada penelitian ini menyatakan bahwa alat permainan edukatif puzzle berpengaruh terhadap konsentrasi anak dengan gangguan pemusatan perhatian hiperaktivitas (GPPH) di Arogya Mitra Akupuntur Klaten. Kata kunci : Alat permainan edukatif Puzzle, Konsentrasi, GPPH

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alat permainan edukatif Puzzle, Konsentrasi, GPPH
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RJ Pediatrics
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Prodi S1 Keperawatan
Depositing User: Mrs Heri Siti
Date Deposited: 27 Apr 2020 04:29
Last Modified: 24 Mar 2022 08:56
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/626

Actions (login required)

View Item View Item