WIDODO, SINUNG PRASETYONING, B202301082 (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS DALAM MENERIMA PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS MAJEGAN KABUPATEN KLATEN TAHUN 2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KLATEN.
PDF
BAB I.pdf Download (181kB) |
|
PDF
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
|
PDF
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
|
PDF
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
|
PDF
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
|
PDF
BAB VI.pdf Download (91kB) |
|
PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
Abstract
Menurut data dari BPJS Kesehatan, Puskesmas merupakan jenis fasilitas kesehatan JKN terbanyak. Kepuasan pasien adalah tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya, setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya. Hasil survey indeks kepuasan masyarakat (IKM) terhadap pelayanan di Puskesmas Majegan Kabupaten Klaten pada tahun tahun 2022 dan 2023 tiap semester menunjukkan variasi yang signifikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien pengguna BPJS dalam menerima pelayanan kesehatan di Puskesmas Majegan Kabupaten Klaten Tahun 2024. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah peserta BPJS kesehatan di Wilayah Puskesmas Majegan Klaten sejumlah 2.285 orang peserta. Responden penelitian sebanyak 96 orang menggunakan formula Slovin dengan teknik pengambilan sampel proposinate simple random sampling. Analisis data menggunakan analisis bivariate dengan uji Chi-Square dan analisis multivariate dengan uji regresi logistic. Hasil penelitian dengan uji bivariate menujukkan; (1) faktor prosedur pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna BPJS kesehatan p-value 0.862; (2) faktor pelayanan SDM berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna BPJS kesehatan p-value 0.002; (3) faktor pelayanan obat tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna BPJS kesehatan p 0.554, dan; (4) faktor sarana dan prasarana berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna BPJS kesehatan p 0.044. Hasil uji regresi logistic dari ke-empat faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna BPJS kesehatan adalah faktor pelayanan SDM dengan p 0.018 (p < 0.05), exp (B) 0.095 dan B -2.357. Kesimpulan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor pelayanan SDM dapat mempengaruhi secara signifikan terhadap kepuasan pengguna BPJS kesehatan. Apabila pelayanan SDM tidak memuaskan pengguna BPJS kesehatan maka akan menurunkan nilai kepuasan pengguna BPJS kesehatan.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Faktor, Kepuasan, BPJS Kesehatan |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Prodi S1 Keperawatan |
Depositing User: | Perpustakaan |
Date Deposited: | 27 Nov 2024 14:44 |
Last Modified: | 27 Nov 2024 14:44 |
URI: | http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/3638 |
Actions (login required)
View Item |