PENGARUH EDUKASI GIZI UNTUK PENYEMBUHAN LUKA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN POST OPERASI ORIF DI RSU DIPONEGORO 21 KLATEN

NURHASANAH, IFA, B202301040 (2024) PENGARUH EDUKASI GIZI UNTUK PENYEMBUHAN LUKA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN POST OPERASI ORIF DI RSU DIPONEGORO 21 KLATEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KLATEN.

[img] PDF
BAB I.pdf

Download (128kB)
[img] PDF
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF
BAB VI.pdf

Download (88kB)
[img] PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)

Abstract

Kebutuhan paling utama yang harus dipenuhi oleh pasien dengan luka pasca tindakan pembedahan adalah nutrisi atau gizi yang baik untuk sistem imun dan penyembuhan luka. Hal ini dikarenakan ada beberapa zat gizi yang memang sangat diperlukan untuk mendukung sistem imun tubuh serta berperan penting dalam proses penyembuhan luka. Metode: Penelitian ini menggunakan Quasi experiment design dengan rancangan one group pretest posttest design, pengambilan sampel menggunakan teknik consecutive sampling sebanyak 10 responden. Pengambilan data menggunakan intervensi lembar balik edukasi gizi dan kuesioner pengetahuan pasien. Analisa statistik menggunakan uji wilcoxon. Hasil: Diperoleh nilai P value 0,004 < α (0,05) sehingga adanya pengaruh edukasi gizi untuk penyembuhan luka terhadap tingkat pengetahuan pasien post operasi ORIF di RSU Diponegoro Dua Satu Klaten . Kesimpulan: adanya pengaruh edukasi gizi untuk penyembuhan luka terhadap tingkat pengetahuan pasien post operasi ORIF di RSU Diponegoro Dua Satu Klaten

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Edukasi gizi, Pengetahuan Pasien, Penyembuhan luka ORIF
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Prodi S1 Keperawatan
Depositing User: Perpustakaan
Date Deposited: 25 Nov 2024 16:46
Last Modified: 25 Nov 2024 16:46
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/3605

Actions (login required)

View Item View Item