HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN TINDAKAN CYBERBULLYING DI MTs NEGERI 2 KLATEN

HABIBILLAH, ANNISA' ADHIEN, 2001043 (2024) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN TINDAKAN CYBERBULLYING DI MTs NEGERI 2 KLATEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KLATEN.

[img] PDF
BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] PDF
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] PDF
BAB VI.pdf

Download (162kB)
[img] PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)

Abstract

Perkembangan media sosial telah mempermudah orang untuk berinteraksi satu sama lain. Meski arus interaksi ini dapat menawarkan banyak hal positif, di saat yang sama hal ini juga menjadikan media sosial sebagai tempat berkembang biaknya komunikasi dengan intensi buruk. Bagi sebagian orang, dunia siber bisa menjadi tempat dimana seseorang dapat terpapar kekerasan, perlakuan buruk agresi, dan pelecehan, yang kini biasa disebut dengan Cyberbullying. Cyberbullying dianggap sebagai salah satu potensi risiko dalam mengandalkan teknologi digital. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan Cyberbullying pada siswa MTs Negeri 2 Klaten. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif korelasi dengan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah siswa yang pernah mengalami Cyberbullying dan melakukan Cyberbullying sebanyak 50 siswa, maka populasi dalam penelitian ini terdiri dari 50 siswa. Hasil karakteristik responden pada penelitian ini, rerata usia 13,54 ± 5,42 tahun. Sebagian responden terdiri dari perempuan sebanyak 28 orang (56,0%). Tingkat pengetahuan responden berkategori berpengetahuan kurang sebanyak 24 orang (48,0%). Cyberbullying responden berkategori sedang sebanyak 21 orang (42,0%). Hasil uji statistic menggunakan Spearman Rank Correlation diperoleh nilai signifikansi (p) value 0,001 (α=0,05), dengan nilai koefisien (r) 0,677 yang artinya ada hubungan yang kuat antara tingkat pengetahuan dengan tindakan cyberbullying di Mts Negeri 2 Klaten

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cyberbullying, Tingkat Pengetahuan, Remaja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prodi S1 Keperawatan
Depositing User: Perpustakaan
Date Deposited: 17 Nov 2024 08:18
Last Modified: 17 Nov 2024 08:18
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/3496

Actions (login required)

View Item View Item