DHARMAWAN, DIAZ GALANG, 2001012 (2024) HUBUNGAN PENGGUNAAN GAME ONLINE DENGAN TINGKAT STRES PADA REMAJA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KLATEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KLATEN.
PDF
BAB I.pdf Download (110kB) |
|
PDF
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
|
PDF
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
|
PDF
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
|
PDF
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
|
PDF
BAB VI.pdf Download (69kB) |
|
PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) |
Abstract
Hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Klaten dengan cara wawancara pada 15 siswa didapatkan bahwa ada 1 siswa (6,6%) siswa yang bermain game online hingga 10 jam setiap harinya, 2 siswa (13,3%) yang merasa pusing, 4 siswa (26,6%) yang melakukan penolakan disuruh orang tua, 1 siswa (6,6%) siswa membanting handphone, 1 siswa (6,6%) siswa menggigit handphone, serta 1 siswa (6,6%) siswa mencaci teman sekelasnya. Dan sisanya bermain dengan rentang waktu normal yaitu 2 jam. Hasil dari pengamatan peneliti selama 3 hari didapatkan bahwa beberapa siswa pada saat jam istirahat lebih cenderung bermain game online dari pada pergi ke kantin. Dari hasil studi pendahuluan tersebut dapat berdampak pada konsentrasi belajar siswa, perilaku siswa dan dapat berisiko trash talk atau berbicara kasar pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan game online dengan Tingkat stres di SMA Muhammadiyah 1 Klaten. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa laki laki kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Klaten sebanyak 181 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 65 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah stratified random sampling. Pengukuran penggunaan game online menggunakan kuesioner IGD (Internet Gaming Disorder) sedangkan tingkat stres diukur menggunakan DASS 42 (Depression, Anxiety, Stress Scale 42). Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Uji Korelasi Kendall Tau. Hasil uji statistik menggunakan uji Kendall Tau teridentifikasi bahwa nilai p atau sign (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti p < 0,05 maka dapat diartikan terdapat hubungan penggunaan game online dengan Tingkat stres di SMA Muhammadiyah 1 Klaten. Kesimpulan Ada Hubungan Penggunaan Game Online Dengan Tingkat Stres. Siswa diharapkan dapat mengurangi penggunaan game online agar dapat menurunkan tingkat stres yang dialami siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan, Game Online, Remaja, Tingkat Stres |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine |
Divisions: | Prodi S1 Keperawatan |
Depositing User: | Perpustakaan |
Date Deposited: | 16 Nov 2024 15:54 |
Last Modified: | 16 Nov 2024 15:54 |
URI: | http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/3469 |
Actions (login required)
View Item |