GAMBARAN PENGETAHUAN ANAK SEKOLAH DASAR TENTANG BULLYING DI SD N 1 BONYOKAN JATINOM

FAUZI, IFAN NUR, 202102021 (2024) GAMBARAN PENGETAHUAN ANAK SEKOLAH DASAR TENTANG BULLYING DI SD N 1 BONYOKAN JATINOM. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KLATEN.

[img] PDF
BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] PDF
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF
BAB VI.pdf

Download (100kB)
[img] PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)

Abstract

Latar belakang : Bullying merupakan suatu tindakan kekerasan untuk menyakiti orang lain dan menyebabkan seseorang itu menderita baik fisik maupun psikologis. Penyebab terjadinya bullying faktor paling utama disebabkan oleh latar belakang siswa di sekolah dan lingkungan siswa, kemudian penyebab yang lainnya adalah pengaruh media, yang mana tontonan telivisi dan handphone menampilkan adegan kekerasan yang tidak baik untuk anak, pengaruh media juga tidak bisa dipungkiri sangat berpengaruh besar terhadap pertumbuhan karakter dan sosial emosi siswa. Bullying verbal merupakan tindakan bullying yang sering digunakan pada anak sekolah dasar. Tujuan : Untuk mendisikripsikan pengetahuan siswa Sekolah Dasar terhadap tindakan bullying yang terjadi di sekolah. Metode : Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Menggunakan teknik total sampling dengan Jumlah populasi166 responden dan jumlah sampel 166 responden yang merupakan siswa sesuai kriteria peneliti. Teknik analisis unvariat usia dengan min,max,mean, standar deviasi. Pada variable jenis kelamin, kategori pengetahuan menggunakan distribusi frekuensi. Hasil : Hasil penelitian didapatkan rerata usia responden di SD N 1 Boyokan adalah 10.73 tahun dengan standar devasi 1.064. dari 166 respnden sebanyak 67 (40.4%) adalah laki-laki dan 99 (59.6%) adalah perempuan. Dan menunjukan bahwa sebagian besar responden memiliki pengetahuan baik tentang bullying yaitu sebanyak 141 (84.9) responden. Kesimpulan : Dapat disimpulkan hasil penelitian Pengetahuan tentang bullying pada responden adalah baik, yaitu sebanyak 141 (84.9) responden.

Item Type: Karya Ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Anak, Pengetahuan, Bullying
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Prodi D3 Keperawatan
Depositing User: Mrs Heri Siti
Date Deposited: 13 Nov 2024 07:03
Last Modified: 02 Dec 2024 03:15
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/3358

Actions (login required)

View Item View Item