GAMBARAN VISUS MATA PASCA PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK SEKOLAH DASAR

PANGESTU, BANGKIT, 2002008 (2023) GAMBARAN VISUS MATA PASCA PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KLATEN.

[img] PDF
BAB I.pdf

Download (127kB)
[img] PDF
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF
BAB VI.pdf

Download (88kB)
[img] PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)

Abstract

Latar Belakang : Pandemi Covid-19 terus saja menyebar sejak maret 2020 di Indonesia. Pembelajaran secara daring ini dijadikan solusi dalam menurunkan penyebaran pandemi Covid-19. Namun, kebiasaan yang sering tidak disadari karena terlalu sering menggunakan handphone pada saat pembelajaran pada anak usia sekolah maka kesehatan mata menjadi terganggu dan menyebabkan penurunan ketajaman penglihatan. Kelainan tajam pada penglihatan anak usia sekolah menjadi masalah yang sangat penting dan perlu segera dideteksi sedini mungkin sehingga tidak akan memepengaruhi kefokusan anak saat mengikuti proses pembelajaran. Tujuan : Untuk mengetahui bagaimana gambaran visus mata pasca pembelajaran daring pada anak sekolah dasar. Metode : Desain penelitian menggunakan metode penelitian defkriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah siswa -siswi kelas 4, 5, dan 6 di SDN 2 Sukorejo sebanyak 43 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan kriteria eksklusi dan total menjadi 38 responden. Analisa data dilakukan menggunakan distribusi frekuensi. Hasil dan Pembahasan : Karakteristik anak sekolah dasar yang menjadi responden ini rata – rata berusia 11,18 tahun dengan usia minimal 10 tahun dan maksimal 13 tahun. Mayoritas responden berjenis kelamin perempuan sebanyak 21 anak (55,3%). Hasil penelitian ini didapatka anak sekolah dasar dengan visus mata penglihatan normal pada mata kanan sebanyak 33 mata anak (86,8%) dan penglihatan normal mata kiri sebanyak 36 mata anak (94,7%). Kesimpulan : Hasil visus mata pasca pembelajaran daring pada anak sekolah dasar di SDN 2 Sukorejo sebagian besar adalah penglihatan normal.

Item Type: Karya Ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Visus Mata, Pembelajaran Daring, Anak Sekolah Dasar
Subjects: R Medicine > RE Ophthalmology
Divisions: Prodi D3 Keperawatan
Depositing User: Perpustakaan
Date Deposited: 17 Nov 2023 01:42
Last Modified: 17 Nov 2023 01:42
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/3205

Actions (login required)

View Item View Item