HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE DENGAN PERILAKU MALADAPTIF REMAJA DI DESA KRAJAN JATINOM

SAPUTRA, AGUNG ICHSAN, 1901004 (2023) HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE DENGAN PERILAKU MALADAPTIF REMAJA DI DESA KRAJAN JATINOM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KLATEN.

[img] PDF
BAB I.pdf

Download (112kB)
[img] PDF
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF
BAB VI.pdf

Download (87kB)
[img] PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44kB)

Abstract

Studi ini diawali dengan melihat fenomena remaja yang sering menggunakan waktunya untuk bermain game online secara intens. Remaja yang intens bermain terpapar secara tidak sadar menirukan adegan dalam game. Hal ini nantinya dapat menyebabkan remaja cenderung kurang tertarik pada kegiatan lain, merasa gelisah saat tidak dapat bermain game online, penurunan prestasi akademik, relasi sosial dan kesehatan. Selain itu, remaja menjadi malas belajar, malas tidur, malas sekolah, malas makan, sulit berkonsentrasi dan hanya akan semangat apabila memainkan permainan game online saja . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas bermain game online dengan perilaku maladaptif. Desain penelitian ini yaitu kuantitatif cross sectional dengan pengambilan data menggunakan kuesioner intensitas bermain game online dan perilaku maladaptif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 42 responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan sebanyak 73.8% remaja memiliki tingkat intensitas yang rendah dan sebanyak 81% remaja memiliki tingkat perilaku maladaptif yang rendah, sedangkan berdasarkan uji kendall tau didapatkan bahwa antara skor intensitas bermain game online dan perilaku maladaptif diperoleh .460** dengan nilai signifikasi .000. hasil uji menunjukkan signifikasi .000 dan p value < 0.05. Maka dapat disimpulkan bahwa hubungan antara intensitas bermain game online dengan perilaku maladaptif yaitu menerima Ha yang artinya terdapat hubungan yang nyata antara intensitas bermain game online dengan perilaku maladaptif pada remaja di Desa Krajan Jatinom.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Intensitas Bermain Game Online, Perilaku Maladaptif, Remaja
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Prodi S1 Keperawatan
Depositing User: Perpustakaan
Date Deposited: 16 Nov 2023 03:39
Last Modified: 16 Nov 2023 03:39
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/3142

Actions (login required)

View Item View Item