KUSUMAWATI, DWI, 2004044 (2023) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN FARMASI KLINIK DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS DI PUSKESMAS JATINOM. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Klaten.
PDF
BAB I.pdf Download (123kB) |
|
PDF
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
|
PDF
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
|
PDF
BAB V.pdf Download (84kB) |
|
PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119kB) |
Abstract
Pelayanan farmasi klinik di Puskesmas merupakan bagian dari pelayanan kefarmasian yang langsung dan bertanggung jawab kepada pasien berkaitan dengan Obat dan Bahan Medis Habis Pakai. Pelayanan kefarmasian yang belum sesuai dengan standar, dapat berpengaruh terhadap kepuasan. Pasien baru akan merasakan puas apabila kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya sama atau melebihi harapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan farmasi klinik dengan kepuasan pasien BPJS di Puskesmas Jatinom. Jenis penelitian ini desskriptif dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampel menggunakan accidental sampling. Sampel penelitian ini adalah pasien BPJS yang berkunjung ke Puskesmas Jatinom Klaten, jumlah perolehan sampel 92 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan uji kendall tau. Hasil penelitian diperoleh karakteristik pasien BPJS di Puskesmas Jatinom dalam penelitian ini rerata berusia 40-41 tahun, sebagian besar responden adalah perempuan sebesar 73,9%, berpendidikan SMA sebesar 41,3%, tidak bekerja sebesar 53,3% dan menderita penyakit tidak menular sebesar 67,4%, kualitas pelayanan farmasi klinik pada pasien BPJS adalah baik sebesar 63,0% dan sebesar 78,3% pasien BPJS sangat puas. Hasil uji bivariat diperoleh p value 0,033. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan kualitas pelayanan farmasi klinik dengan kepuasan pasien BPJS di Puskesmas Jatinom.
Item Type: | Karya Ilmiah (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Sri Handayani, SKM., M.Kes |
Uncontrolled Keywords: | kualitas pelayanan farmasi klinik, kepuasan pasien BPJS |
Subjects: | R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology |
Divisions: | Prodi D3 Farmasi |
Depositing User: | Mrs Heri Siti |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 03:55 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 03:55 |
URI: | http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/2996 |
Actions (login required)
View Item |