ANALISIS PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP TINGKAT PELANGGAN RUMAH MAKAN MANGKOKMU

PUTRI, ARIE RACHMA and AZIZAH, ISNA NUR and ANGELINA, MAHARANI CHIKITA and SIWI, PUPUT RANU (2022) ANALISIS PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP TINGKAT PELANGGAN RUMAH MAKAN MANGKOKMU. JURNAL BISNIS MANAJEMEN DAN AKUNTANSI, 2 (2). pp. 1-8. ISSN 2807-5609

[img] PDF
Analisis Pengaruh Pandemi.pdf

Download (261kB)
[img] PDF
SIMILARITY ANALISIS PENGARUH PANDEMI.pdf

Download (314kB)
Official URL: https://ojs.udb.ac.id/index.php/BISMAK/article/vie...

Abstract

Adanya pandemi COVID-19 melumpuhkan sebagian besar usaha-usaha. Banyak sekali usaha-usaha yang mengharuskan tutup dikarenakan tidak mampu bersaing dan bertahan di tengah pandemi COVID-19 ini, salah satunya usaha kuliner rumah makan. Rumah makan sangat berguna bagi seluruh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan. Dapat dilihat semenjak adanya COVID-19 banyak permasalahan yang timbul pada usaha makanan salah satunya permasalahan pelanggan. Dalam pandemi COVID-19 ini tingkat pelanggan berpengaruh terhadap kelangsungan suatu usaha, seperti halnya Rumah Makan Mangkokmu. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui adakah pengaruh pandemi COVID-19 terhadap tingkat pelanggan di Rumah Makan Mangkokmu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan kuisioner (daftar pertanyaan). Metode ini dilakukan dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada pemilik Rumah Makan Mangkokmu sehingga akan mendapatkan data primer yang akurat dan informasi yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh pandemi COVID-19 terhadap Rumah Makan Mangkokmu relatif kecil. Hal itu dikarenakan dikarenakan, Rumah Makan Mangkokmu mengambil jalan alternatif lain yaitu bekerjasama dengan Grab Food. Hasil dari bekerjasama dengan Grab Food didapat bahwa terjadi peningkatan pelanggan dari sebelumnya. Selain itu akibat dari bekerjasama dengan Grab Food tingkat pelanggan stabil dan cenderung naik. Jika hal itu terus terjadi, maka Rumah Makan mangkokmu akan mengalami keberhasilan bisnis ditengah pandemi COVID-19 ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Rumah Makan Mangkokmu, Pelanggan, Pandemi COVID-19
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: Arie Rachma
Date Deposited: 26 Oct 2023 06:57
Last Modified: 26 Oct 2023 06:57
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/2970

Actions (login required)

View Item View Item