WIDYASTUTI, RETNO, B2001024 (2022) PENGARUH RE EDUKASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PERAWAT ICU TENTANG SISTEM PENILAIAN APACHE II DI RUANG ICU RSUP dr. SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KLATEN.
PDF
BAB I.pdf Download (188kB) |
|
PDF
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
|
PDF
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
|
PDF
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
PDF
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
PDF
BAB VI.pdf Download (11kB) |
|
PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
Abstract
Kondisi unit perawatan intensif yang sangat dinamis dan kompleks membuat perawat menghadapi kesulitan dalam memberikan perawatan yang terbaik. Sistem skor APACHE II adalah pilihan yang sering digunakan di unit perawatan intensif (ICU). Perawat memiliki pengetahuan yang rendah mengenai APACHE II sebagai prediktor mortalitas dan keparahan kondisi pasien. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh re edukasi terhadap pengetahuan dan sikap perawat icu tentang sistem penilaian apache II di ruang ICU RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Metode penelitian kuantitatif, dengan desain pre-eksperimen dengan pendekatan one group pretest-posttest design. Teknik sampling menggunakan metode total sampling sebanyak 35 responden, dengan kriteria eklusi perawat yang sedang tugas belajar, kepa ruang dan perawat logistic. Hasil responden penelitian jenis kelamin perempuan 57,1%, Pendidikan diatas D3 Keperawatan 57,1 % dan lama kerja di ICU lebih dari 3 bulan 91.4 %. Hasil uji Wilcoxon menunjukan nilai p=0,00 pada variable pengetahuan dan sikap. Kesimpulan terdapat perbedaan yang signifikan pengetahuan dan sikap perawat ICU sebelum dilakukan re-edukasi dan setelah dilakukan re-edukasi socre Apache II.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ICU, Intensif, Apache II |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Prodi S1 Keperawatan |
Depositing User: | Perpustakaan |
Date Deposited: | 20 May 2023 10:39 |
Last Modified: | 20 May 2023 10:39 |
URI: | http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/2863 |
Actions (login required)
View Item |