HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN GAME ONLINE DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA

HAMRANANI, SRI SAT TITI and KUSUMANINGRUM, PUPUT RISTI and PERMATASARI, DEVI and SETYAWAN, EKA AGUS (2021) HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN GAME ONLINE DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNIMUS. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG, SEMARANG, pp. 1570-1579. ISBN -, E-ISSN : 2654-3168, P-ISSN : 2654-3257

[img] PDF
HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN GAME ONLINE.pdf

Download (972kB)
[img] PDF
SIMILARITY HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN GAME ONLINE.pdf

Download (572kB)
Official URL: https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/ar...

Abstract

Masa remaja merupakan masa dimana seseorang sedang mengalami perubahan di dalam diri. Pada masa pubertas atau masa menjelang dewasa, remaja mengalami banyak pengaruh dari luar yang menyebabkan remaja terbawa pengaruh oleh lingkungan sekitar seperti bermain game online. Remaja yang memiliki intensitas tinggi dalam bermain game online, memungkinkan memicu timbulnya motivasi belajar yang menurun. Motivasi belajar yang menurun pada remaja SMP disebabkan oleh beberapa hal yaitu masalah di sekolah dan hubungan dengan orang tua maupun teman sebaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara lama penggunaan game online terhadap motivasi belajar pada remaja di SMP Negeri 1 Karangnongko. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimental, dengan desain penelitian korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Responden penelitian terdiri dari 130 siswa SMP N 1 Karangnongko, yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data yang di gunakan adalah dengan kuisioner. Metode analisis yang digunakan adalah kendall tau. Hasil Penelitian menunjukkan ada hubungan lama penggunaan game online dengan motivasi belajar pada remaja di SMP N 1 Karangnongko. Hasil analisis dengan uji kendall tau didapatkan p value = 0,000 berarti p value< 0,05. Nilai koefisien korelasi atau nilai r = -743**menunjukkan korelasi negatif yang kuat, berarti semakin tinggi penggunaan game online maka semakin menurun motivasi belajar pada remaja. Ada hubungan lama penggunaan game online terhadap motivasi belajar pada remaja di SMP N 1 Karangnongko.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Lama Pengguanaan Game Online, Remaja
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Prodi Ners
Depositing User: SRI SAT TITI HAMRANANI
Date Deposited: 15 May 2023 15:50
Last Modified: 16 May 2023 01:46
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/2821

Actions (login required)

View Item View Item