SETIANINGSIH, SETIANINGSIH and SAWITRI, ENDANG and TRIHASTUTI, APRIANI (2022) HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL ANAK PRASEKOLAH TAMAN KANAK KANAK DI DESA POGUNG CAWAS. MOTORIK Journal Kesehatan, 17 (2). pp. 85-94. ISSN 2685-1210 (print) and 1907-218X (online),
PDF
gadget.pdf Download (227kB) |
|
PDF
SIMILARITY HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET.pdf Download (278kB) |
Abstract
Anak usia prasekolah sendiri adalah anak yang rentang usianya antara 4 sampai dengan 6 tahun. Penggunaan gadget merupakan salah satu faktor perkembangan personal sosial anak tidak diberi kebebasan dalam menggunakan gadget. Perkembangan Personal sosial adalah aspek yang berhubungan dengan kemapuan kemandirian dan bersosialisai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan personal sosial anak prasekolah Taman Kanak Kanak Di Desa Pogung Cawas. Metode :Penelitian ini menggunakan deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi ini adalah anak yang berada di Taman Kanak Kanak Pogung Cawas. Responden penelitian ini sebanyak 88 responden yang diperoleh dengan tekhnik total sampling dan jumlah sampel 77 responden. Instrumen dengan menggunakan koesioner dan DDST II. Analisa data bivariat menggunakan uji Kendal Tau. Hasil penelitian anak terbanyak berjenis kelamin laki- laki (55,8%), rerata usia 5,41 tahun. Hasil penelitian menunjukkan 68,8% anak menggunakan gadget rendah dan 81,8% anak perkembangan personal sosial yang normal. Hasil uji Kendall Tau menunjukkan ada hubungan antara penggunaan gadget dengan perkembangan personal sosial p =0,014 sehingga p < α(0.05). Kesimpulan pengguaan gadget memiliki hubungan yang signifikan dengan perkembangan personal sosial anak prasekolah di Taman Kanak kanak di Desa Pogung Cawas
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Prodi Ners |
Depositing User: | endang endang sawitri |
Date Deposited: | 12 Feb 2023 14:57 |
Last Modified: | 12 Feb 2023 15:04 |
URI: | http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/2675 |
Actions (login required)
View Item |