GAMBARAN KUALITAS TIDUR PADA PENGGUNA GAME ONLINE DI LINGKUNGAN DESA TAMBONG WETAN KABUPATEN KLATEN

NUGROHO, FAJAR DWI, 1902086 (2022) GAMBARAN KUALITAS TIDUR PADA PENGGUNA GAME ONLINE DI LINGKUNGAN DESA TAMBONG WETAN KABUPATEN KLATEN. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Klaten.

[img] PDF
BAB I.pdf

Download (135kB)
[img] PDF
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF
BAB VI.pdf

Download (36kB)
[img] PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)

Abstract

Latar Belakang: Berdasarkan data statistik Kementerian Komunikasi dan Informasi, jumlah aktivitas pengguna internet untuk keperluan bermain game, mengunduh video game, ataupun komputer game pada tahun 2018 sebanyak 44,10%. Pengguna internet terbesar adalah pada wilayah urban atau perkotaan yaitu sebanyak 74,1% pada tahun 2018. Rata-rata remaja memainkan game online lebih dari 2-4 jam. Bermain game pada malam hari mengorbankan waktu tidur. Waktu tidur yang kurang, siklus tidur-bangun yang terhambat, dan gangguan tidur umum terjadi pada anak muda dan remaja sehingga mempengaruhi kualitas tidur. Tujuan: Mengetahui gambaran kualitas tidur pada pengguna game online dilingkungan desa Tambong wetan Kabupaten Klaten. Metode : Desain penelitan menggunakan deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 61 responden didesa tambong wetan. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan Kuesioner Pitssburg. Analisis data menggunakan analisis univariat yang digambarkan dengan hasil presentase. Hasil dan Pembahasan: Hasil penelitaian ini rerata umur 17 tahun. Sebagianresponden adalah laki-laki (83,3%). Mempunyai kebiasaan bermain lebih dari 2 jam sehari (91%), pendidikan paling banyak adalah SMP (38,3%). Kualitas tidur pengguna game online di desa Tambong wetan adalah baik (57%). Implikasi: Implikasi dari pelaksanaan penelitian ini adalah pengguna game online yang mempengaruhi kualitas tidur.

Item Type: Karya Ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Game online, Kualitas tidur. Kabupaten klaten
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Prodi D3 Keperawatan
Depositing User: Mrs Heri Siti
Date Deposited: 29 Nov 2022 04:27
Last Modified: 29 Nov 2022 04:27
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/2531

Actions (login required)

View Item View Item