PENGARUH KOMBINASI MEWARNAI DAN ORIGAMI TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORK HALUS ANAK PRA SEKOLAH

SAWITRI, ENDANG and SETIANINGSIH, SETIANINGSIH and PURNAWATI, SILFIA (2021) PENGARUH KOMBINASI MEWARNAI DAN ORIGAMI TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORK HALUS ANAK PRA SEKOLAH. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 4. pp. 1580-1589. ISSN 2654-3257, e-ISSN : 2654-3168

[img] PDF
jurnal origami.pdf

Download (960kB)
[img] PDF
similarity origami.pdf

Download (996kB)
Official URL: https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/ar...

Abstract

Latar Belakang: Anak merupakan individu yang berada dalam satu rentang perubahan pekembangan yang dimulai dari bayi hingga remaja. Pemantauan perkembangan motorik halus amak penting dilakukan untuk mengetahui penyimpangan sejak dini, sehingga dapat dilakukan upaya pencegahan, upaya stimulasi dan upaya penyembuhan serta pemulihan dalam pelayanan kesehatan anak. Tujuan penelitian: untuk mengetahui pengaruh kombinasi mewarnai dan origami terhadap perkebangan kemampuan motorik halus anak prasekolah di TK Pertiwi Gentan. Metode: jenis penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental dengan desain peneltian pre test post test nonequivalent control group. Populasi 34 respondent dan sampel berjumlah 34 responden (kelompok intervensi dan kelompok kontrol), Penelitian dilakukan di TK Pertiwi Gentan. Analisa dua variabel di analisis dengan uji statistic Wilcoxon. Hasil penelitian : Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai p-value 0,157>0,05 menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan pengaruh kombinasi mewarnai dan origami terhadap perkembangan kemampuan motorik halus anak usia prasekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dasarnya permainan anak yang aktif menggunakan jari-jemari anak meningkatkan perkembangan motorik halus anak. Kesimpulan : tidak ada pengaruh kombinasi mewarnai dan origami terhadap kemampuan motorik halus anak pra sekolah

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: endang endang sawitri
Date Deposited: 06 Dec 2022 06:01
Last Modified: 08 Feb 2023 02:50
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/2524

Actions (login required)

View Item View Item