PENDAMPINGAN PROGRAM BERHENTI MEROKOK PADA SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 KLATEN UTARA KABUPATEN KLATEN

SUTARYONO, SUTARYONO (2022) PENDAMPINGAN PROGRAM BERHENTI MEROKOK PADA SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 KLATEN UTARA KABUPATEN KLATEN. Jurnal Inovasi dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1 (2). pp. 24-27. ISSN 2829-5617

[img] PDF
Kinerja PKM artikel merokok.pdf - Other

Download (891kB)
Official URL: https://jurnalnew.unimus.ac.id/index.php/jipmi/art...

Abstract

Latar belakang: Proporsi perokok pada usia di atas 15 tahun mengalami peningkatan setiap tahunnya, khususnya pada remaja laki-laki. Kebiasaan merokok pada pelajar disebabkan karena kesalah pahaman informasi, pengaruh iklan dan pengaruh teman. Pengetahuan yang cukup akan memotivasi remaja untuk berperilaku hidup sehat karena individu dapat mempersepsikan informasi tersebut sesuai dengan predisposisi psikologisnya. Pengetahuan yang memadai tentang bahaya rokok bagi kesehatan diharapkan membuat orang yang belum merokok tetap tidak merokok dan para perokok bisa menghentikan kebiasaan yang sangat berbahaya ini. Tujuan: Pengabdian ini bertujuan meningkatkan pengetahuan siswa untuk berhenti merokok. Metode: Pendampingan ini dilakukan dengan persiapan yang melibatkan optimalisasi komunitas sekolah (OSIS), penyuluhan dengan metode participatory training, pelatihan pengurus dan kader berhenti merokok. Hasil: Peserta menunjukkan tingkat pengetahuan setelah kegiatan lebih tinggi daripada tingkat pengetahuan sebelum kegiatan yaitu sebesar 40%. Kesimpulan: Terdapat peningkatan pengetahuan setelah dilakukkannya program pendampingan berhenti merokok terhadap pengetahuan siswa tentang bahaya rokok di SMK Muhammadiyah 3 Klaten Utara. Kata kunci: Program berhenti merokok, Penyuluhan, Bermain peran

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Sutaryono Sutaryono
Date Deposited: 08 Feb 2023 02:01
Last Modified: 08 Feb 2023 02:01
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/2463

Actions (login required)

View Item View Item