PENGARUH EDUKASI TENTANG PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF TERHADAP TINGKAT EFIKASI DIRI IBU UNTUK MENYUSUI BAYI BERAT LAHIR RENDAH

SUYAMI, SUYAMI (2017) PENGARUH EDUKASI TENTANG PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF TERHADAP TINGKAT EFIKASI DIRI IBU UNTUK MENYUSUI BAYI BERAT LAHIR RENDAH. Jurnal Involusi Kebidanan, 7 (13). pp. 23-39. ISSN 2089-1474

[img] PDF
PENGARUH EDUKASI TENTANG PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF TERHADAP TINGKAT EFIKASI DIRI IBU UNTUK MENYUSUI BAYI BERAT LAHIR RENDAH.pdf

Download (5MB)

Abstract

Latar Belakang :Sebagian besar orang tua seringkali merasa belum siap menghadapi kelahiran BBLR pada bayi mereka. Sehingga orang tua perlu diberikan pengarahan serta pendidikan kesehatan manakala merawat bayi dengan BBLR. Salah satu aspek dari ibu yang mempengaruhi keberhasilan dalam menyusui dan merawat bayi adalah keyakinan ibu (self-efficacy). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi tentang pemberian ASI eksklusif terhadap tingkat efikasi diri pada ibu untuk menyusui bayi berat lahir rendah. Metode :Desain penelitian ini menggunakan pra eksperimen dengan rancangan one grup pretest posttest. Jumlah sampel penelitian sebanyak 18 sampel yang diambil menggunakan teknik consecutive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner, flipchart dan leaflet. Analisa data menggunakan uji Chi Square. Hasil : Hasil analisa statistik yang dilakukan dengan ujiChi Square, nilai P value yang di dapat adalah sebesar 0,018 di mana kurang dari batas kritis penelitian 0,05 (P value 0,018<0,05) sehingga keputusan hipotesis adalah menerima Ha atau yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara kelompok pre-test dan post-test. Kesimpulan :terdapat pengaruh yang signifikan dari pemberian edukasi tentang ASI eksklusif terhadap tingkat efikasi diri ibu untuk menyusui bayi berat lahir rendah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Edukasi, efikasi diri, ASI eksklusif, BBLR
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Prodi S1 Keperawatan
Depositing User: Perpustakaan
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:53
Last Modified: 20 Jan 2022 04:53
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/2150

Actions (login required)

View Item View Item