DAMPAK TERAPI BERMAIN TERHADAP TINGKAT KOOPERATIF PADA ANAK USIA PRASEKOLAH SELAMA MENJALANI PERAWATAN DI RS. ISLAM KLATEN

WIDIAWATI, WIDIAWATI and SUYAMI, SUYAMI (2015) DAMPAK TERAPI BERMAIN TERHADAP TINGKAT KOOPERATIF PADA ANAK USIA PRASEKOLAH SELAMA MENJALANI PERAWATAN DI RS. ISLAM KLATEN. Motorik Jurnal Ilmu Kesehatan, 10 (20). pp. 31-39. ISSN 1907-218X

[img] PDF
DAMPAK TERAPI BERMAIN TERHADAP TINGKAT KOOPERATIF PADA ANAK USIA PRASEKOLAH SELAMA MENJALANI PERAWATAN DI RS. ISLAM KLATEN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang Bermain merupakan proses terapeutik yang menggunakan permainan sebagai media terapi karena permainan merupakan pintu masuk kedalam dunia anak-anak. Anak yang dirawat di rumah sakit merupakan sumber stress yang dapat mempengaruhi kondisi psikologis seorang anak sehingga menyebabkan anak tidak kooperatif. Tujuan : Mengetahui pengaruh terapi bermain terhadap tingkat kooperatif pada anak prasekolah 3-5 tahun yang menjalani perawatan di RS. Islam Klaten. Metode Penelitian Penelitian ini termasuk pada Pre-Eksperiental rancangan one group Pretest-posttest design dengan jumlah sample sebanyak 16 orang menggunakan teknik consecutive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan cara melakukan observasi perilaku kooperatif sebelum dan sesudah diberikan terapi bermain. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil Penelitian Karakteristik responden berdasarkan usia rata-rata berusia 4 tahun. Hasil uji statistik Wilcoxon didapat nilai p = 0,002 (p < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terapi bermain berdampak terhadap hospitalisasi terhadap tingkat kooperatif pada anak usia 3-5 tahun.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Terapi Bermain, Tingkat kooperatif anak.
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Prodi S1 Keperawatan
Depositing User: Perpustakaan
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:28
Last Modified: 20 Jan 2022 03:28
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/2145

Actions (login required)

View Item View Item