HUBUNGANLAMA PENGGUNAAN GAME ONLINE DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA DI SMP N 1 KARANGNONGKO

SETYAWAN, EKA AGUS, 1701016 (2021) HUBUNGANLAMA PENGGUNAAN GAME ONLINE DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA DI SMP N 1 KARANGNONGKO. Skripsi thesis, STIKES Muhammadiyah Klaten.

[img] PDF
BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] PDF
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF
BAB VI.pdf

Download (154kB)
[img] PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)

Abstract

Latar Belakang: Masa remaja merupakan masa dimana seseorang sedang mengalami perubahan di dalam diri. Pada masa pubertas atau masa menjelang dewasa, remaja mengalami banyak pengaruh dari luar yang menyebabkan remaja terbawa pengaruh oleh lingkungan sekitar seperti bermain game online.Remaja yang memiliki intensitas tinggi dalam bermain game online, memungkinkan memicu timbulnya motivasi belajar yang menurun.Motivasi belajar yang menurun pada remaja SMP disebabkan oleh beberapa hal yaitu masalah di sekolah dan hubungan dengan orang tua maupun teman sebaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara lama penggunaan game online terhadap motivasi belajar pada remaja di SMP N 1 Karangnongko. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimental, dengan desain penelitian korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Responden penelitian terdiri dari 130 siswa SMP N 1 Karangnongko, yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling.Pengumpulan data yang di gunakan adalah dengan kuisioner. Metode analisis yang digunakan adalah kendall tau. Hasil penelitian: Hasil Penelitian menunjukkan ada hubungan lama penggunaan game online dengan motivasi belajar pada remaja di SMP N 1 Karangnongko. Hasil analisis dengan uji kendall tau didapatkan p value = 0,000 berarti p value< 0,05. Nilai koefisien korelasi atau nilai r =-743**menunjukkan korelasi negatif yang kuat, berarti semakin tinggi penggunaan game online maka semakin menurun motivasi belajar pada remaja. Kesimpulan :Ada hubungan lama penggunaan game online terhadap motivasi belajar pada remaja di SMP N 1 Karangnongko. Kata Kunci : Remaja, Lama Penggunaan Game Online, Motivasi Belajar

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Remaja, Lama Penggunaan Game Online, Motivasi Belajar
Subjects: Q Science > QP Physiology
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Prodi S1 Keperawatan
Depositing User: Mrs Heri Siti
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:44
Last Modified: 07 Jan 2022 03:44
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/2103

Actions (login required)

View Item View Item