PENGARUH EDUKASI MENGGOSOK GIGI TERHADAP KEMAMPUAN ANAK MENGGOSOK GIGI PADA ANAK TUNA GRAHITA DI SLB SHANTI YOGA KLATEN

SUTANTRI, RIA, 1401027 (2018) PENGARUH EDUKASI MENGGOSOK GIGI TERHADAP KEMAMPUAN ANAK MENGGOSOK GIGI PADA ANAK TUNA GRAHITA DI SLB SHANTI YOGA KLATEN. Skripsi thesis, STIKES Muhammadiyah Klaten.

[img] PDF
BAB 1.pdf

Download (187kB)
[img] PDF
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)

Abstract

Latar belakang :Anak tuna grahita memiliki tingkat kecerdasan yang sedemikian rendahnya sehingga untuk mempelajari tugas perkembangan memerlukan bantuan atau layanan secara khusus, terutama di dalam kebutuhan program pendidikan dan bimbingan. Anak tuna grahita di SLB Shanti Yoga Klaten masih memiliki pemahaman yang kurang dalam menggosok gigi yang benar.Sehingga siswa tuna grahita hanya menggosok gigi bagian-bagian tertentu yang hanya siswa mengerti. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan menggosok gigi terhadap anak tuna grahita yaitu edukasi menggosok gigi. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi menggosok gigi terhadap kemampuan anak menggosok gigi pada anak tuna grahita. Metodelogi :Jenis penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperiment dengan rancangan pre dan posttest without control. Sampel dalam penelitian ini adalah anak tuna grahita dengan IQ > 50.Instrumen yang di gunakan adalah kuesioner kemampuan menggosok gigi yang diadopsi dan sudah diuji validasi.Uji statistic bivariate menggunakan paired t-test. Hasil penelitian :Rata-rata umur anak yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah 7-8 tahun dengan jenis kelamin laki-lak iyaitu 11 anak. Kemampuan menggosok gigi pretest didapatkan rata-rata nilai sebesar 6 dengan standar deviasi 2,521, sedangkan untuk post test didapatkan nilai sebesar 8,61 dengan standar deviasi 2,913, hasil uji statistik Paired T-Test memperoleh hasil Pvalue< alpha (0,000<0,05). Kesimpulan:Ada pengaruh edukasi menggosok gigi terhadap kemampuan anak menggosok gigi pada anak tuna grahita di SLB Shanti Yoga Klaten.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Edukasi Menggosok Gigi, Kemampuan, Tuna Grahita
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Prodi S1 Keperawatan
Depositing User: Mr Haryanto Hiroshi
Date Deposited: 17 Mar 2020 04:36
Last Modified: 29 Mar 2022 02:22
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/168

Actions (login required)

View Item View Item