HUBUNGAN PENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA DI SMP N 5 KLATEN

Setiawan, Arif Yoga 1601004 (2020) HUBUNGAN PENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA DI SMP N 5 KLATEN. Skripsi thesis, STIKES Muhammadiyah Klaten.

[img] PDF
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] PDF
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF
BAB VI.pdf

Download (68kB)
[img] PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)

Abstract

Masa remaja merupakan masa dimana seseorang sedang mengalami perubahan di dalam diri. Pada masa pubertas atau masa menjelang dewasa, remaja mengalami banyak pengaruh dari luar yang menyebabkan remaja terbawa pengaruh oleh lingkungan sekitar seperti bermain game online. Remaja yang memiliki intensitas tinggi dalam bermain game online, memungkinkan lebih banyak terpapar konten kekerasan yang dapat memicu timbulnya agresivitas. Perilaku agresif pada remaja SMP disebabkan oleh beberapa hal yaitu masalah di sekolah dan hubungan dengan orang tua maupun teman sebaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara penggunaan game online terhadap perilaku agresif pada remaja di SMP Negeri 5 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimental, dengan desain penelitian korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Responden penelitian terdiri dari 72 siswa SMP N 5 Klaten, yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data yang di gunakan adalah dengan kuisioner. Metode analisis yang digunakan adalah kendall tau. Hasil Penelitian menunjukkan ada hubungan penggunaan game online dengan perilaku agresif pada remaja di SMP N 5 Klaten. Hasil analisis dengan uji kendall tau didapatkan p value = 0,000 berarti p value< 0,05. Nilai koefisien korelasi atau nilai r =0,749 menunjukkan korelasi positif yang kuat, berarti semakin tinggi penggunaan game online maka semakin tinggi perilaku agresif pada remaja. Kesimpulan ada hubungan yang signifikan antara penggunaan game online dengan perilaku agresif pada remaja di SMP N 5 Klaten. Kata kunci : Penggunaan Game Online, Perilaku agresif, Remaja SMP.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Game Online, Perilaku agresif, Remaja SMP
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Prodi S1 Keperawatan
Depositing User: Mrs Heri Siti
Date Deposited: 08 Feb 2021 04:45
Last Modified: 08 Feb 2021 04:45
URI: http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/1513

Actions (login required)

View Item View Item