ARIHARIYANI, ARIS, B1701003 (2019) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP DI RSU PKU MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN. Skripsi thesis, STIKES Muhammadiyah Klaten.
PDF
BAB I.pdf Download (153kB) |
|
PDF
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
|
PDF
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
PDF
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
PDF
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
|
PDF
BAB VI.pdf Download (77kB) |
|
PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (84kB) |
Abstract
Kualitas pelayanan keperawatan suatu rumah sakit yang diberikan perawat dapat dilihat dari tingkat kepuasan pasien sebagai pihak yang menerima pelayanan. Kualitas yang baik akan memunculkan kepuasan pasien. Kepuasan pasien yang baik akan meningkatkan loyalitas pasien terhadap rumah sakit tersebut. Menganalisa hubungan kualitas pelayanan keperawatan terhadap loyalitas pasien rawat inap di di RSU PKU Muhammadiyah Delanggu. Penelitian menggunakan desain deskriptif correlational dengan pendekatancross sectional. Seluruh pasien baru rawat inap di kelas III di RS PKU Muhammadiyah Delanggu sebanyak 491 sebagai populasi dan sampel diambil secara purposive sampling diperoleh 97 pasien. Analisa data menggunakan analisis koefisien korelasi somer’s pada taraf kepercayaan 95%. Karakteristik responden diketahui pasien mempunyai rata-rata usia 39,12 tahun, mayoritas berjensi kelamin perempuan (68%), bekerja (56,7%), pendidikan SMA (51,5%), memiliki status kawin (78,4%). Kualitas pelayanan keperawatan termasuk baik (47,4%) dan loyalitas pasien termasuk cukup (51,5%). Hasil analisis koefisien korelasi somers diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,567 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, artinya ada hubungan antara kualitas pelayanan keperawatan terhadap loyalitas terhadap pasien rawat inap dengan kekuatan hubungan termasuk sedang. Kesimpulan. Ada hubungan antara kualitas pelayanan keperawatan terhadap loyalitas terhadap pasien rawat inap RSU PKU Delanggu Muhammadiyah, dengan kekuatan hubungan termasuk sedang. Kata kunci: kualitas pelayanan keperawatan, loyalitas pasien
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Prodi S1 Keperawatan |
Depositing User: | Mrs Heri Siti |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 06:13 |
Last Modified: | 07 Mar 2022 07:48 |
URI: | http://repository.umkla.ac.id/id/eprint/1076 |
Actions (login required)
View Item |